Kompas.com - 13/03/2018, 12:03 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meski sudah memiliki niat yang kuat untuk makan sehat, sayangnya ada banyak situasi yang membuat kita "terpaksa" mengonsumsi makanan tidak sehat. Entah saat bertemu teman, atau dalam acara tertentu yang rasanya tidak sopan kalau tidak makan menu yang disuguhkan.

Namun demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menghindari berbagai macam ‘jebakan’ tidak sehat yang paling sering terjadi. Apakah itu?

Saat liburan dan rekreasi

Godaan makan makanan tidak sehat paling sering menghampiri ketika sedang liburan, dan ini yang paling sulit dihindari. Tidak heran jika liburan justru membuat berat badan makin naik.

Nah, sebenarnya kamu tetap bisa menikmati liburan tanpa harus cemas memikirkan timbangan. Kuncinya adalah memerhatikan betul apa yang kamu makan.

Sebaiknya bawalah cemilan sehat yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari dari rumah. Pastikan juga untuk tidak melewatkan waktu makan, agar tidak ngemil atau makan berlebihan di waktu selanjutnya.

Apakah makanan yang kamu makan selama liburan disediakan oleh restoran? Jika ya, pilihlah makanan yang sehat seperti buah, sayur, protein, dan karbohidrat kompleks, atau setidaknya kurangi makanan yang manis atau jenis karbohidrat yang sederhana.

Selain memilah-milih makanan yang baik dan tidak baik dikonsumsi selama liburan, kamu juga harus pastikan tetap aktif bergerak. Misalnya luangkan waktu untuk kegiatan fisik, seperti berjalan-jalan atau berenang di kolam renang hotel atau taman.

Baca juga : Tren Makanan Sehat yang Perlu Kamu Coba

Saat acara kumpul keluarga

Dalam beberapa tradisi, kumpul keluarga besar saat hari raya dapat berubah menjadi pesta makan yang berlangsung dari pagi hingga malam.

Halaman:
Sumber


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.