Pakai Simbol Hindu, Kolaborasi Adidas x Pharrell WIlliams Diprotes - Kompas.com

Pakai Simbol Hindu, Kolaborasi Adidas x Pharrell WIlliams Diprotes

Kompas.com - 13/03/2018, 20:30 WIB
Koleksi Adidas yang terinspirasi dari festival warna di India Koleksi Adidas yang terinspirasi dari festival warna di India

KOMPAS.com - Kolaborasi antara Pharell Williams x Adidas yang terinspirasi dari perayaan Holi di India dan Nepal, menawarkan koleksi yang terdiri dari sepasang sepatu olahraga, kaus dan jaket warna-warni.

Rangkaian produk ini diciptakan untuk menggambarkan perayaan "festival warna".

Dalam ferstival cinta kasih ini, para penganut agama Hindu berkumpul untuk makan, minum, dan menebar bubuk berwarna cerah hingga menyelimuti tubuh mereka.

Namun niat tersebut tak berjalan mulus.

Saat melakukan perjalanan ke India untuk mempromosikan koleksi yang berjudul "Hu Holi" itu, Williams dan Adidas menuai banyak kritik.

Kecaman itu dilontarkan melalui jejaring Twitter. Warganet menyebut karya itu telah mengorbankan budaya India demi mode.

Banyak yang berpendapat, kolaborasi tersebut telah mengkapitalisasi keunggulan festival tradisional untuk keuntungan sendiri tanpa izin dari lembaga yang layak.

"Perampasan budaya. Menggunakan festival kami untuk menjual sebuah merek, dan itu adalah sepatu."

"Bagi orang Hindu hal ini menyinggung, dan bahkan tidak ada selebritas India yang meliriknya," tulis seorang pengguna Twitter.

Lalu, pengguna media sosial lainnya berpendapat, kerjasama perusahaan asal Eropa dan musisi Amerika Serikat tersebut adalah bentuk perampasan budaya.

Namun, dari semua kritik pedas tersebut yang paling tajam berasal dari negarawan Hindu bernama Rajan Zed.

Dia mendesak Williams dan Adidas untuk meminta maaf dan mengganti nama koleksinya.

Lewat laman pribadinya, Rajan Zed menganggap kolaborasi tersebut adalah bentuk "trivialisasi atas konsep simbol keyakinan Hinduisme" atau mengabaikan konsep simbol kenyakinan agama hindu.

"Pharrell Williams dan Adidas seharusnya mengerjakan beberapa 'pekerjaan rumah' sebelum mengambil konsep Hinduisme dengan sembrono."

"Lalu, mereka menggunakan ini untuk membuat pernyataan mode dan menjual sepatu demi keserakahan pedagang."

"Apalagi beberapa di antaranya terbuat dari kulit," tulis Rajad Zed.

"Penggunaan konsep atau simbol Hinduisme yang tidak tepat atau citra untuk agenda komersial atau lainnya adalah hal yang tak baik."

"Ini akan menyakitkan bagi banyak orang," tambah Zed.

Menurut dia, iman adalah sesuatu yang sakral, dan perbuatan yang meremehkan hal itu akan menyakiti banyak pengikutnya.

Sebagai pemimpin masyarakat Hindu, Rajan Zed terkenal karena keberaniannya untuk mengkritik secara terang-terangan penggunaan motif Hindu.

Kasus ini bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Amazon pernah menghapus produk kaus kaki dari situsnya karena menampilkan citra dewa Hindu Ganesha.

Hal itu pun terjadi berkat kritik tajam dari Rajan Zed.

Namun, ada beberapa orang yang justru berpendapat sebaliknya.

Mereka yang mendukung kolaborasi ini menilai, apa yang dilakukan Adidas dapat membantu mempromosikan keragaman.

"Tolong jangan memita maaf atas iklan holi tersebut. Saya ingat saat merayakan keragaman adalah hal yang baik. Mari kita tetap seperti itu," tulis seorang pendukung di media sosial.


Komentar
Close Ads X