Kompas.com - 14/03/2018, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Aktivitas merajut saat ini memang tak lagi identik dengan hobi kaum nenek. Saat ini banyak orang muda yang juga bergabung dalam komunitas merajut. Tak sekedar hobi, ternyata kegiatan ini punya efek positif.

Selain menghasilkan sweter atau kerajinan tangan yang bermanfaat, ternyata merajut dapat mengurangi tingkat depresi dan kecemasan, memperlambat timbulnya demensia, dan mengalihkan pikiran dari rasa sakit.

Diterbitkan oleh Knit for Peace, temuan ini merupakan hasil penelitian lanjutan terhadap penelitian sebelumnya yang menganalisis manfaat dari merajut.

Dkutip dari The Independent, menurut Knit for Peace, jejaring 15.000 perajut di Inggris, ada bukti penting yang menunjukkan bahwa merajut bermanfaat bagi pikiran dan tubuh yang sehat.

Komunitas ini memutuskan untuk mengetahui lebih lanjut manfaat merajut setelah banyak dari anggota mereka mengklaim mengalami peningkatan kesehatan secara keseluruhan setelah melakukan hobi tersebut. Hasilnya positif.

"Ada sejumlah besar penelitian yang menunjukkan bahwa merajut memiliki manfaat kesehatan fisik dan mental, sehingga memperlambat timbulnya demensia, melawan depresi dan mengalihkan perhatian dari rasa sakit parah,” demikian laporan tersebut.

Salah satu penelitian tahun 2007 yang dilakukan oleh Harvard Medical School’s Mind and Body Institute, menemukan bahwa merajut menurunkan denyut jantung, dengan rata-rata 11 denyut per menit, dan menyebabkan kondisi rileks, persis seperti melakukan yoga.

Selain efek menenangkannya, merajut selimut atau sepasang sarung tangan bisa mengalihkan perhatian dari rasa sakit parah. 

Pasalnya, gerakan berulang saat merajut membuat pelepasan pola menenangkan serotonin, yang bisa mengangkat mood dan menekan rasa sakit, menurut temuan tersebut.

Selain itu, sebuah penelitian 2011 yang dilakukan oleh Mayo Clinic terhadap orang berusia di atas 70 tahun menemukan bahwa mereka yang merajut menurunkan risiko gangguan kognitif ringan dan kehilangan ingatan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.