Kompas.com - 14/03/2018, 21:49 WIB
Ilustrasi Miss V BarabasaIlustrasi Miss V
Editor Wisnubrata

Oleh: Deborah Bateson

Kita menemukan begitu banyak produk yang disebut pembersih vagina yang menawarkan bantuan untuk menghilangkan “bau vagina” dan keputihan, dan menjaga bagian intim itu tetap segar.

Dari deodoran hingga membersihkan dengan ketimun, panty liners beraroma, dan tren terbaru “menguapi vagina” atau ratus vagina.

Produk-produk ini secara aktif mempromosikan pandangan bahwa vagina perempuan harus bebas dari keputihan dan tidak berbau, atau menguarkan aroma kelopak mawar atau vanili.

Menurut Deborah Bateson, pengajar dan ginekolog dari University of Sydney, banyak perempuan menganggap keputihan sebagai hal yang tidak diinginkan dan tidak alami, padahal itu fisiologis dan normal.

Data menunjukkan sekitar setengah perempuan menggunakan “panty liner” untuk menyerap keputihan, dengan hampir 30% menggunakannya sehari-hari.

Walau banyak perempuan secara umum bukan penggemar berat “douching”, istilah bahasa Prancis untuk membersihkan vagina dengan semprotan cairan, tetapi tetap penting untuk memahami mengapa membersihkan vagina tidaklah disarankan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apa sih keputihan, dan mengapa itu penting?

Vagina membersihkan dirinya sendiri, dan keputihan berperan penting dalam menjaga kesehatan vagina. Sejak pubertas, ketika estrogen diproduksi, vagina dikolonisasi oleh bakteri sehat dari kelompok Lactobacillus yang memproduksi asam laktat.

Ekosistem vagina yang berlangsung seimbang disebut sebagai mikrobioma vagina dan keasaman vagina yang dihasilkan memberi proteksi terhadap infeksi yang ditransmisikan melalui hubungan seksual.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.