Kompas.com - 15/03/2018, 08:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sudah menjadi kebiasaan banyak orang untuk lebih dulu memotret makanan sebelum mengasupnya. Namun, terkadang kita bingung cara menghasilkan foto makanan dengan tampilan menarik untuk dipajang di media sosial. Coba deh teknik foto flatlay. 

Kalau belum tahu, flatlay itu teknik foto yang diambil dari atas objek lurus 90 derajat, sehingga foto tampak atas.

Pakar fotografi makanan Fellexandro Ruby mengungkapkan, meskipun flatlay sudah ada sejak dulu, teknik ini kembali berkembang sejak dua hingga tiga tahun terakhir saat Instagram hype di kalangan anak muda.

“Teknik foto ini disukai karena bisa masukin banyak barang dalam satu frame dan bisa tampak rapi,” kata pemilik Instagram @captainruby saat acara peluncuran W’dank Coffee Coconut Latte, Jakarta, Selasa (13/3/2018).

Sayangnya, kalau enggak menguasai teknik flatlay, hasilnya di luar harapan, entah pencahayaan kurang atau tata letak salah.

Lalu, bagaimana tips agar hasil teknik foto flatlay kece? Pertama, foto flatflay harus lebih dari satu produk. Karena itu sebelum mulai menyusun, lebih baik tentukan dulu cerita yang ingin disampaikan.

“Misalnya, lagi mau ngopi sambil ngerjain tugas dan pakai baju baru. Nah itu digabungin dan dilihatin apa yang jadi objek utamanya, misalnya baju atau kopinya,” kata Ruby.

Kedua, sebisa mungkin untuk mencari pencahayaan natural, terutama saat ambil foto flatflay di kafe. 

"Caranya cukup cari meja yang paling dekat dengan jendela, agar lebih mendapat cahaya matahari,” ungkap Ruby.

Ketiga, kamu enggak perlu naik-naik ke atas bangku untuk dapat foto flatflay sempurna. Apalagi foto diambil pas di kafe, tentu akan mengganggu orang lain.

“Jadi cukup angkat kamera dan ambil beberapa kali dari atas agar bisa dipilih yang bagus,” katanya.

Terakhir, pastikan objek foto utama ada di bagian tengah agar menjadi pusat perhatian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.