Kompas.com - 16/03/2018, 14:19 WIB
Crispy Chicken Burger KARAKSA MEDIACrispy Chicken Burger

KOMPAS.com - Saat membayangkan makanan cepat saji atau fast food, pikiran kita pasti akan tertuju pada burger.

Tapi, awal mula makanan cepat saji tersebut teryata bukan bermula dari restoran burger gaya Amerika yang ada sekarang. Sejarah mencatat bahwa makanan cepat saji berawal dari zaman Romawi Kuno.

Kehidupan kaum urban di zaman tersebut telah membuat munculnya banyak apartemen bertingkat, yang hanya memiliki area dapur yang sempit atau tidak ada sama sekali. Oleh karena itu, banyak bermunculan pedagang kaki lima dan restoran yang menjual makanan.

Lalu pada abad pertengahan, makanan cepat dan murah banyak tersedia di kota-kota besar di Eropa, termasuk London dan Paris yang menjual makanan cepat saji untuk penduduk lokal dan turis hingga saat ini.

Mengunjungi tempat suci menjadi populer dan sektor pariwisata mengalami perkembangan pesat daripada sebelumnya. Makanan cepat saji yang murah inilah yang kemudian menjadi favorit dan populer di kalangan wisatawan.

Abad ke 20 menjadi awal mula munculnya restoran cepat saji. Restoran cepat saji ini pertama kali berdiri di Amerika pada tahun 1912 dan merupakan jenis automat atau restoran yang menggunakan mesin penjual untuk melayani pelanggannya dan dioperasikan dengan koin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inilah yang kemudian membuat automat muncul di seluruh dunia. McDonald's memang restoran cepat saji yang terkenal. Namun, restoran tersebut bukan restoran cepat saji pertama di dunia ini.

Restoran cepat saji pertama adalah White Castle, yang menyediakan hamburger dan berdiri di Kansas pada tahun 1916. Tahun 1919, Roy W. Allen dan Frank Wright mendirikan A&W yang menerapkan layanan drive true untuk pertama kalinya di Sacramento, California.

Tahun 1923, mereka mulai menjual sistem franchise yang menyediakan hamburger, kentang goreng dan hotdog. Tahun 1960, A&W tersebar di 2000 tempat dan memiliki 1200 restoran hingga saat ini.

Lantas, bagaimana makanan cepat saji bisa menyebar ke seluruh dunia?

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.