Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/03/2018, 14:46 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Telur, daging, dan susu mungkin adalah yang pertama kali terlintas di pikiran ketika mendengar kata “protein”. Akan tetapi, ada banyak buah yang juga mengandung protein. 

Berbagai buah tinggi protein ini tentunya dapat kita jadikan alternatif camilan yang lebih sehat dan pasti mengenyangkan.

Terlebih buah-buahan juga mengandung serat yang lebih tinggi, sehingga bila dimakan secara teratur justru dapat membantu menurunkan kolesterol.

Daftar buah tinggi protein untuk camilan sore yang lebih sehat

1. Aprikot kering

Kandungan aprikot kering lebih tinggi daripada versi segarnya. Satu porsi 200 gram aprikot kering mengandung sekitar 3,4 gram, sementara dengan takaran yang sama aprikot segar hanya mengandung 2,8 gram.

2. Jambu

Buah jambu termasuk salah satu buah tinggi protein. Dalam satu porsi buah jambu menyediakan 112 kalori dan 2,6 gram protein.

Selain kaya akan protein, kandungan likopen dan antioksidan dalam buah jambu juga bermanfaat sebagai antioksidan penangk kanker.

Tak hanya itu, dengan rutin mengonsumsi buah jambu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda karena kaya akan vitamin C yang bahkan lebih baik daripada jeruk.

Baca juga : Mau Kurangi Berat Badan? Coba Makan Jambu Klutuk

3. Kurma

Kurma merupakan buah tinggi protein, yakni sebanyak 2,4 gr protein. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung kalium tinggi yang membantu menghindari beberapa masalah kesehatan dan sumber serat yang baik untuk menstabilkan gula darah.

4. Alpukat

Kandungan protein dalam 100 gram alpukat bisa mencapai 2 gram. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik yang membantu menangkal penyakit jantung dan membuat kenyang lebih lama.

Magnesium dalam alpukat yang cukup tinggi juga bermanfaat untuk meredakan ketegangan otot dan menyembuhkan kelelahan.

Baca juga : Buah Alpukat Dianggap Buah Super, Apa Saja Khasiatnya?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com