Kompas.com - 16/03/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Membawa bekal ke sekolah bisa menjadi cara efektif untuk meningkatkan asupan makanan yang sehat dan bergizi pada anak. Selain kandungan nutrisi lebih lengkap, kebersihannya juga terjaga.

Murid-murid SD Negeri 016 Ciracas Jakarta Timur sejak awal Februari 2018 lalu punya kebiasaan baru. Setiap hari Kamis mereka diwajibkan oleh sekolah untuk membawa bekal yang terdiri dari makanan sehat.

"Sebelumnya sudah ada juga yang suka bawa bekal tapi gizinya belum seimbang, misalnya bawa nasi tapi 'lauknya' mi goreng. Juga belum ada sayur dan buahnya," kata Joko Prasetyo, guru kelas 5 di sekolah tersebut.

Selain itu, kebanyakan anak-anak juga terbiasa jajan di tukang dagangan di sekitar sekolah. Namun, menurut Joko, keamanannya belum jelas.

"Isi jajanannya yang mengandung mecin dan juga saus yang warnanya terlalu terang. Kurang sehat," ujarnya.

Sekolah SD 016 Ciracas termasuk dalam sekolah yang mengikuti kegiatan Training of Trainers (TOT), bagian dari program Gerakan Nusantara yang merupakan CSR dari PT Frisian Flag Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut, perwakilan guru dari 740 sekolah di 8 provinsi mendapat informasi tentang pentingnya gizi sehat dan seimbang, dan juga bergerak aktif pada anak-anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Ketua Pusat Kajian Gizi dan Kesehatan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PKGM UI), Ahmad Syafiq, para guru yang sudah mendapat pembekalan itu diharapkan meneruskan ilmunya kepada guru lain dan anak didiknya.

"TOT dari Gerakan Nusantara ini adalah upaya rintisan yang dilakukan Frisian Flag Indonesia dan PKGM UI. Pendidikan gizi di SD memang perlu melibatkan guru sebagai tokoh di sekolah yang ternyata mampu membentuk sistem gizi seimbang di sekolah," kata Syafiq dalam temu media di Jakarta (15/3).

Dokumentasi Gerakan Nusantara ke sekolah-sekolah.Dok FFI Dokumentasi Gerakan Nusantara ke sekolah-sekolah.

Bekal

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.