Kompas.com - 16/03/2018, 21:00 WIB

KOMPAS.com - Proses persalinan normal lebih dari satu kali bagi sebagian wanita dianggap bisa mengurangi kekencangan otot vaginanya. Saat ini tersedia prosedur sinar laser untuk mengencangkannya.

Klinik ZAP meluncurkan terapi Laser Vagina Tightening (LVT) yang dilaim bisa meremajakan dan mengembalikan kembali struktur optimal dari organ intim dan sekitarnya.

"LVT merupakan prosedur yang aman karena tidak meninggalkan bekas luka dan bekas tindakan," kata dr.Grace Waworuntu Sp.KK dalam siaran pers.

Menggunakan teknologi laser erbium, sinar laser ini juga diklaim bisa mengencangkan otot vagina agar lebih elastis. Manfaat lain adalah membantu mengurangi keluhan sering buang air kecil atau beser (inkontinesia urine).

Terapi LVT terdiri dari dua tahap; pertama, laser akan ditembakkan dari dalam dinding vagina. Tahap kedua, laser ditembakkan pada bibir vagina dan area sekitarnya.

Saat laser ditembakkan, menurut Grace pasien akan merasakan rasa hangat, tapi tidak sampai menimbulkan rasa sakit yang membutuhkan masa pemulihan (downtime).

Waktu yang dibutuhkan sekitar 60 menit mulai dari klien masuk ruang perawatan, dilakukan anastesi, dilakukan perawatan, hingga selesai perawatan.

Sebelum melakukan perawatan ini, klien diminta untuk emlakukan pemeriksaan papsemar untuk memastikan ada tidaknya infeksi atau tanda keganasan lain pada organ vaginanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.