Kompas.com - 17/03/2018, 08:51 WIB

KOMPAS.com - Menurut riset terbaru, mereka yang memutuskan untuk berwiraswasta atau menjadi frelancer merasa lebih bahagia di tempat kerja daripada karyawan.

Yah, meskipun mereka memiliki jam kerja lebih lama dan ketidakpastian kerja yang lebih besar.

Dilansir dari New York Post, riset yang menganalisis 5000 orang Inggris, Amerika Serikat, Australia dan Selandia Baru ini menemukan bukti bahwa mereka yang menjadi "bos" untuk diri sendiri memiliki lebih banyak kebebasan dan kontrol.

Riset ini mengamati semua orang dari pekerja pabrik hingga direktur di berbagai sektor termasuk kesehatan, keuangan dan pendidikan. Riset menemukan bahwa mereka yang  bekerja sebagai wiraswasta atau freelancer termasuk pekerja yang paling sibuk.

Mereka juga mengalami peluang inovasi lebih besar, mencapai target yang menantang dan memenuhi standar yang tinggi. Selain itu, periset berpendapat bahwa mereka yang bekerja di perusahaan non-manajerial merasa paling tidak puas dan sibuk.

Baca :Rutinitas Kerja, Penyebab Stres yang Paling Umum

Mereka yang bekerja di perusahaan non-manajerial ini biasanya mengerjakan perintah yang sudah dibuat oleh sang manajer, misalnya operator pabrik dan sejenisnya.

Profesor Peter Warr, sebagai salah satu periset dalam penelitian ini, mengatakan bahwa pekerja profesional yang tak terikat dengan perusahaan atau tanpa dipimpin oleh orang lain, benar-benar menghargai otonomi mereka.

"Mereka memiliki kebebasan untuk berinovasi, mengekspresikan pandangan mereka sendiri dan memiliki pengaruh melebihi peran mereka dan bersaing dengan perusahaan dan orang lain," paparnya.

"Mereka umumnya memiliki keahlian atau mengerjakan hal yang mereka suka, jadi sepertinya tidak keberatan bekerja berjam-jam. Mereka bisa menemukan standar yang benar-benar memuaskan," tambah Profesor Peter Warr.

Baca juga : Bekerja dari Rumah Lebih Susah Berhenti?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber nypost.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.