Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/03/2018, 20:09 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dylan Sada, model asal Indonesia yang sukses di Amerika kini namanya sedang ramai diperbincangkan.

Usai viral karena cerita penganiayaan yang dilakukan oleh sang kekasih, model kelahiran Jakarta 1984 silam ini membuat pengakuan mengejutkan. Lewat postingan instagramnya, ia mengaku bahwa pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh ayah kandungnya.

Lalu, bagaimana perjalanan hidup Dylan Sada?

Dikutip dari laman Ververeps, pemilik nama asli Aldila Wulandari Kusumashanty Pranadjaja pernah tinggal di Singapura saat berusia 7 tahun untuk belajar fotografi.

Saat itu, ia belajar di bawah bimbingan Ivanho Harlim, fotografer profesional asal Kalimantan yang tinggal di Singapura. Bahkan, Dylan pernah bekerja untuk Juice Magazine, sebuah majalah internasional yang berbasis di Los Angeles.

Dylan juga pernah mengenyam pendidikan di London Public School di Jakarta dan Limkokwing University of Creative Technology di Malaysia. Namun, pendidikan tersebut tidak dituntaskannya karena ia memutuskan untuk pindah ke New York.

Bukan tanpa alasan ia mengambil langkah besar untuk hijrah ke kota The Big Apple. Dalam laman pribadinya, ia mengaku memutuskan hijrah ke New York demi mengejar impiannya sebagai fotografer.

Wanita yang mencintai forografi sejak duduk di bangku SMP ini, kini juga menggeluti dunia musik dan modeling. Laman ververeps juga menyebutkan bahwa Dylan dibesarkan dalam sebuah keluarga yang sangat mencintai musik klasik.

"Saya memiliki obsesi dengan orang-orang berbakat. Saya sangat bersyukur saya selalu dikelilingi oleh orang-orang berbakat dan inspiratif yang tak ada habisnya. Hidupku tidak sempurna tapi aku bahagia dan aku tidak akan menukarnya dengan apapun," ucap Dylan.

Dalam laman pribadinya, Dylan juga menyebutkan bahwa dirinya pernah bekerja sama dengan berbagai label ternama seperti L'oreal, Dior, ID Magazine, majalah L'Officiel, majalah ELLE dan Nylon.

Bahkan, wanita berkulit sawo matang ini juga pernah berkolaborasi dengan fotografer profesional Ryan McGinley. Sayangnya, perjalanan hidup wanita berbakat ini juga diselimuti oleh masa kelam.

Semasa kecil, ia pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan oleh ayahnya sendiri. Masa kecil yang suram tersebut telah mempengaruhi kehidupannya. Bahkan awal maret lalu, publik dihebohkan oleh pemberitaan tentang dirinya.

Baca :Sukses di Amerika, Ini Kisah Kelam Dylan Sada

Dalam sebuah wawancara eksklusif bersama Voice of America. Dylan mengaku bahwa dia telah mengalami penganiayaan yang dilakukan oleh kekasihnya sendiri.  Kejadian tersebut bermula saat Dylan ingin mengatakan niatnya untuk berpisah dengan sang kekasih karena tak tahan dengan ucapan kasar yang selalu ia terima.

Beruntung, saat itu tetangganya menelepon polisi. Dylan pun ditolong oleh polisi dan langsung dilarikan ke rumah sakit. Lewat kisah tragis yang dialaminya, ia ingin semua perempuan memiliki ketegaran dan pintar dalam menghadapi situasi serupa.

"Para wanita Indonesia, kalau kamu mengalami hal seperti ini, jangan takut karena kamu enggak sendiri. Isu seperti ini tuh nyata dan kamu tidak harus merasa malu. Harus berani berbicara karena itu sakit sekali," ucapnya dalam wawancara tersebut.

Dylan juga menyarankan kepada para wanita agar menceritakan penganiayaan yang dialaminya kepada teman dan keluarga. Dia berharap agar para wanita tidak menyembunyikannya dengan alasan apapun.

"Jangan disembunyikan karena itu sakit sekali. Saya tahu benar rasanya. Apalagi kalau kamu sayang sama orangnya. Akan lebih susah lagi. Bicaralah sama orang-orang. Pasti ada pertolongan," tambahnya.

Kisah hidup Dylan Sada telah memberi pelajaran bagi banyak wanita bagaimana bisa bangkit di tengah masa kelam yang terjadi dalam hidup. Selain itu, darinya kita juga bisa belajar bagaimana menjadi wanita yang tegar dan berani mengatasi segala rintangan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com