Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2018, 20:00 WIB
Nabilla Tashandra,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perawatan wajah rutin sering diasosiasikan sebagai kegiatan para wanita. Padahal sebetulnya, pria juga membutuhkan perawatan serupa.

GM Corporate Affairs and Sustainability The Body Shop Indonesia, Rika Anggraini menjelaskan, permasalah kulit yang kerap dialami wanita juga bisa terjadi pada pria.

"Mereka (pria) kan juga ingin kelihatan kulitnya sehat. Artinya tidak kusam. Mereka juga punya dark spot yang lebih cepat (muncul) dibanding perempuan," ujar Rika.

Menurut dia, banyak pria yang enggan melakukan perawaran wajah karena faktor budaya, di mana para pria yang merawat wajah dianggap sebagai pesolek.

Baca juga: Anak Muda Pakai Produk Anti-Aging, Apa Efeknya?

Padahal, perawatan wajah juga merupakan bagian dari upaya menjaga kesehatan, terutama kulit.

The Body Shop ada peningkatan jumlah pelanggan pria. Menurut Rika, saat ini banyak pria yang sudah peduli dengan perawatan wajah.

Di samping itu, The Body Shop sejak awal memang tak terlalu menonjolkan gender dari sisi kemasan. Misalnya, dengan pemilihan warna yang cenderung netral.

Beberapa produk bahkan bisa digunakan untuk pria maupun wanita.

"Produk kami tidak wangi perempuan. Kemasannya juga kalau dilihat sangat netral, tidak pink. Merah, hijau, dan lainnya," kata dia.

Namun bedanya adalah, pria mungkin tak perlu memakai terlalu banyak tahapan perawatan wajah seperti wanita.

Baca juga: Menatap Gawai Terlalu Lama Bikin Kulit Wajah Cepat Tua, Benarkah?

Rika menyarankan pemakaian moisturizer, sabun pencuci muka, krim mata, dan pelindung matahari sebagai produk paling minimal untuk perawatan wajah pria.

"Moisturizer, eye cream. Karena eye cream kan mengurangi (kerutan). Juga basic seperti facial wash dan SPF," tutur Rika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com