Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pada Usia Berapakah Kita Menghabiskan Banyak Uang?

Kompas.com - 19/03/2018, 05:11 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menurut survei terbaru yang dilakukan oleh sebuah perusahaan pengecekan kredit, ClearScore, ada umur tertentu dalam hidup di mana kita mengeluarkan banyak uang.

Hasil survei mengatakan bahwa usia 31 tahun adalah masa di mana manusia akan menghabiskan banyak uang selama masa hidupnya.

Dilansir dari laman  The Independent, usia 31 tahun adalah masa di mana seseorang telah dianggap benar-benar dewasa. Jadi, masuk akal jika usia tersebut kita diprediksi akan menghabiskan banyak uang.

Survei ini diikuti oleh 3.000 pelanggan perusahaan tersebut dan menemukan bahwa rata-rata orang Inggris akan menghabiskan sekitar 60000 dolar atau setara dengan 825 juta rupiah saat berusia 31 tahun.

Laporan kompas.com pada tanggal 5 Mei 2017 menyebutkan bahwa rata-rata gaji karyawan di Indonesia hanya mencapai Rp 2,7 juta per bulan. Survei juga menyebutkan bahwa uang yang dikeluarkan pada masa itu bukan hanya untuk sekedar memuaskan kesenangan.

Baca :Berapa Jumlah Uang yang Kita Butuhkan Agar Bahagia?

Pada usia tersebut, biasanya orang akan banyak menghabiskan uang karena banyaknya acara-acara spesial yang mahal dan membutuhkan lebih banyak uang secara signifikan.

Selain itu, uang yang dikeluarkan pada saat berusia 31 tahun paling banyak disebabkan karena pernikahan. Survei tersebut menemukan bahwa 27 persen peserta dalam survei menggelar pesta pernikahan dengan biaya fantastis pada usia 31 tahun.

Sementara itu, sebesar 25 persen peserta survei menghabiskan banyak uangnya untuk membeli rumah pada usia yang sama. Fakta lain yang terungkap dari survei tersebut adalah sebesar 20 persen menganggap bahwa adanya bayi membuat mereka harus mengeluarkan banyak uang.

Lalu, sebesar 14 persen peserta riset mengaku menghabiskan banyak uangnya untuk bulan madu bersama pasangan.

Uniknya lagi, sebesar 33 persen mereka yang berusia 25 sampai 34 tahun mengaku bahwa mereka masih mendapat bantuan keuangan dari orang tuanya.

Sedangkan mereka yang berusia di bawah 34 tahun mengaku bahwa kartu kredit yang berperan sebagai 'penolong' dalam keuangan mereka.

"Banyak tonggak besar kehidupan cenderung terjadi sangat berdekatan sehingga kami tidak terkejut mengetahui berapa banyak orang yang menghabiskannya selama usia "termahal" itu," ucap Justin Bastini selaku pemimpin eksekutis Clear Score.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com