Cuaca Panas, Berapa SPF yang Dibutuhkan untuk Orang Indonesia?

Kompas.com - 19/03/2018, 07:32 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya JupiterimagesIlustrasi menggunakan tabir surya
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Tabir surya seringkali disebut sebagai produk perawatan kulit yang paling wajib digunakan semua orang agar kulit terlindung dari sinar matahari, terutama bagian wajah.

Pada produk tabir surya seringkali tercantum tulisan "SPF". Termasuk pada produk-produk wajah lainnya yang mengklaim sudah memiliki kandungan tabir surya.

Lalu, berapa angka SPF yang tepat digunakan oleh kita di negara tropis seperti Indonesia?

Makeup Artist asal Korea Selatan, Ssin-Nim menjelaskan bahwa penggunaan tabir surya sangat penting dan tak boleh dilewatkan. Terlebih di Indonesia dengan cuaca panas seperti saat ini.

"Sunscreen itu penting banget apalagi dengan cuaca di Indonesia seperti sekarang," kata Ssin dalam sesi beauty class pada acara Beautyfest Asia 2018 di Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu (18/3/2018).

Paparan sinar matahari, lanjut dia, sangat buruk bagi kulit. Akan timbul kerutan dan flek-flek hitam pada kulit yang terlalu lama terpapar sinar matahari.

Ada beragam produk dengan beragam pula kandungan SPF. Untuk di Indonesia, Ssin menyarankan penggunaan SPF minimal 30.

Baca juga : Apakah Tabir Surya Sebaiknya Dipakai di Wajah?

"Aku rasa kalian butuh SPF di atas 30 dan perlu diaplikasikan berkali-kali," tuturnya.

Di samping SPF, hal lain yang harus diperhatikan, yakni "PA" pada produk tersebut.

Jika SPF adalah tingkat perlindungan terhadap sinar ultraviolet B, PA adalah tingkat perlindungan terhadap sinar ultraviolet A.

Jumlah tanda "+" di depan "PA" mengindikasikan tingkat perlindungan.

"Jangan lupa lihat juga ada berapa tanda "plus" setelah PA. "Plus" yang banyak berarti semakin baik tingkat perlindungannya. Kalian butuh banyak "plus" tersebut," ujar Ssin.

Baca juga : 7 Kesalahan Saat Menggunakan Tabir Surya



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X