Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari 6 Hal Ini Saat Berolahraga Jika Ingin Hasil Optimal

Kompas.com - 19/03/2018, 15:54 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Mungkin sudah sering kali kita mendengar hal-hal apa saja yang tidak dianjurkan untuk dilakukan setelah selesai berolahraga. Namun tahukah kamu kalau ada beberapa aturan yang juga dilarang saat olahraga?

Bukan, ini bukan hal yang menyeramkan. Hanya bertujuan untuk membuat olahraga yang kita lakukan menjadi lebih efektif. Apa saja aturan yang dilarang saat olahraga?

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Demi mendapatkan hasil yang optimal, kita dianjurkan untuk melakukan pemanasan dan pendinginan saat sebelum maupun setelah berolahraga.

Namun ternyata, tak hanya itu saja. Menurut dr Yusra Firdaus seperti dikutip HelloSehat, ada banyak hal yang tak sadar kita lakukan yang membuat olahraga justru tidak efektif. Apa saja itu?

 1. Berolahraga saat mengalami cedera

Saat sedang olahraga, terkadang kita merasakan rasa nyeri ringan. Hal ini wajar terjadi saat olahraga. Namun bila nyeri yang terasa mengganggu bahkan menjurus seperti cedera, jangan diabaikan.

Lebih baik hentikan sejenak olahraga untuk melihat apa kemudian nyeri tersebut hilang. Jika rasa sakit terus berlanjut, disarankan untuk menghentikan olahraga agar tidak terjadi cedera yang lebih buruk.

Memaksakan diri tetap berolahraga saat cedera hanya membuat kondisi kesehatan memburuk.

Baca juga : 7 Kondisi yang Membuat Anda Tidak Boleh Olahraga Dulu

2. Mengikuti ‘gaya’ olahraga orang lain

Berolahraga di tempat ramai seperti taman, lapangan, atau tempat fitness, kita akan bertemu banyak orang dengan berbagai macam teknik olahraga yang dilakukan.

Mereka yang jarang berolahraga, mungkin akan meniru gaya dan teknik olahraga orang lain di sekitar. Padahal justru hal ini dapat membuat olahraga kita jadi tak maksimal.

Pasalnya, teknik yang ditiru belum tentu tepat untuk kita, sekalipun orang yang ditiru terlihat punya badan yang atletis.

Melakukan pengamatan memang cara yang baik bagi pemula, tapi tetap ingat bahwa cara yang berhasil pada orang lain belum tentu demikian pada tubuh kita.

Sebaiknya, belajar atau bertanya pada orang yang berpengalaman di bidangnya, seperti personal trainer.

Baca juga : Cara Memilih Jenis Olahraga yang Cocok

3. Terlalu asik dengan gadget

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com