Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/03/2018, 16:18 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Setelah berolahraga tubuh akan berkeringat lebih dari biasanya. Kamu mungkin akan merasa bau dan lengket. Nah, biasanya setelah itu kamu akan langsung ingin cepat-cepat mandi.

Namun ada mitos yang menyebutkan bahwa langsung mandi setelah olahraga tidak disarankan. Benarkah mandi setelah olahraga itu buruk bagi kesehatan?

Mandi setelah olahraga dapat membantu kita untuk meringankan nyeri otot dan sendi. Selain itu mandi juga membantu membersihkan keringat dan bakteri di kulit. Lalu apakah boleh langsung mandi setelah olahraga? Ternyata jawabannya tidak.

Bila mau mandi setelah olahraga, kita harus memberikan jeda waktu. Jangan baru benar-benar selesai olahraga langsung mandi, justru ini yang bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Saat berolahraga, jantung memompa darah yang kaya oksigen ke otot lebih banyak dari biasanya. Hal ini membuat suhu tubuh meningkat dan detak jantung berdenyut lebih cepat. Jika kita langsung mandi maka pembuluh darah akan melebar dan membuat kita rentan terhadap berbagai penyakit yang bisa menyerang tiba-tiba seperti serangan jantung.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus kita lakukan persis setelah berolahraga adalah melakukan pendinginan. Pendinginan wajib dilakukan untuk membuat detak jantung dan suhu tubuh kembali normal. Para ahli menyarankan untuk melakukan pendinginan minimal 20 menit sebelum memutuskan untuk mandi.

Baca juga : Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Mandi

Sebaiknya mandi air dingin atau air hangat?

Mandi air hangat dan dingin sama-sama bermanfaat bagi tubuh. Dr. Kristin Maynes, spesialis terapi fisik di California menyatakan bahwa mandi air hangat memicu lancarnya aliran darah ke seluruh tubuh, membantu menenangkan otot, dan memulihkan otot serta sendi.

Selain itu, mandi air hangat juga membuat kita lebih rileks setelah rasa lelah yang mendera.

Sedangkan mandi air dingin dapat membantu tubuh untuk melindungi organ dalam tubuh dengan mendorong darah mengalir jauh hingga ke kulit. Ketika berolahraga, detak jantung akan meningkat. Saat itu, kebutuhan oksigen meningkat dan tubuh secara alami akan menghasilkan asam laktat di otot.

Kondisi ini normal terjadi saat kita melakukan olahraga yang cukup intens, karena tubuh mengandalkan cadangan energi yang ada. Nah, saat jumlah asam laktat meningkat, maka akan menimbulkan perasaan seperti rasa terbakar saat berolahraga. Jadi mandi air dingin bisa jadi pereda rasa panas ini.

Selain itu, mandi air dingin juga mengurangi risiko terjadinya radang otot dan rasa nyeri yang disebabkan oleh olahraga yang terlalu intens.

Baca juga : Alasan Mengapa Sebaiknya Kita Mandi dengan Air Dingin

Secara keseluruhan, mandi air dingin setelah latihan membantu menyempitkan pembuluh darah yang melebar dan mengurangi aktivitas metabolik yang bisa menjadi penyebab kerusakan jaringan serta pembengkakan.

Mandi setelah berolahraga tidak mengancam kesehatan asalkan memberikan jeda antara waktu olahraga dan mandi. Kita bisa mencoba mandi dengan air dingin atau hangat.

Usahakan untuk membersihkan tubuh dengan sempurna dari ujung kepala hingga ujung kaki agar tubuh terbebas dari kuman yang menempel dan membuat kita kembali segar untuk menjalankan aktivitas selanjutnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com