Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Jalan Braga dalam Koleksi Busana Muslim Terbaru Shafira

Kompas.com - 19/03/2018, 19:16 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Berkunjung Kota Bandung belum lengkap jika tak singgah ke Jalan Braga. Kawasan kota tua itu menyimpan banyak cerita, termasuk soal busana.

Label busana muslim Shafira melihat salah satu DNA Kota Bandung terletak pada Jalan Braga. Selain karena bangunan tempo dulu, juga gaya hidup di kawasan yang sejak dulu sudah ramai dengan butik mode asal Paris, Perancis.

"Bahkan dulu ada istilah, orang kalau mau dilihat dan melihat (pakaiannya), ya ke Jalan Braga," kata Kepala Perancang Shafira, Shetiawan, di Bandung, Jawa Barat, Senin (19/3/2018).

Berangkat dari ide itu, Shafira memilih Jalan Braga sebagai tema koleksi yang akan dibawa ke Indonesia Fashion Week 2018. Diberi nama 'Ngabaraga', Shafira membagi koleksinya ke dalam tiga tampilan.

Ketiga tampilan yang terdiri dari 60 koleksi itu membawa cerita Jalan Braga di setiap desainnya.

Tampilan pertama berkonsep Braga di tahun 1920-an. Seri ini berusaha menampilkan sisi Braga di tahun itu yang fashionable, namun maskulin, yang memang jadi tren di seluruh dunia. Sisi maskulin tersebut nampak dari siluet yang muncul dengan ukuran oversized.

Selain itu, warna-warna natural seperti putih dan krem dipilih untuk memberikan kesan vintage.

"Karena memang di masa itu, warna-warna tersebut memang idola," katanya.

Sementara untuk desain, motif 'artdeco' yang mencirikan bangunan Braga juga muncul di bagian belakang busana. Sebagai pelengkap, bahan untuk tampilan pertama--delapan busana perempuan dan tujuh busana pria--adalah wool yang dipastikam tetap nyaman saat dikenakan.

Di tampilan pertama ini, Shafira keluar dari 'zona nyaman'--glamour dan extravaganza--dengan kristal dan motif. Tampilan ini lebih office look dan muda.

Sementara itu, tampilan kedua menampilkan sisi perempuan Bandung. Hal ini tercermin dalam pemilihan warna pink pastel hingga biru mint pada busana berbahan kain sifon. Pada koleksi ini, Shafira memberikan sedikit sentuhan kristal yang merupakan ciri label asal Bandung tersebut.

"Pilihan ini terinspirasi dengan kelembutan perempuan Bandung," ungkap Shetiawan.

Kemudian, untuk tampilan ketiga, Shafira bereksperimen dengan tenun Garut. Koleksi ini terinspirasi dari romantisme Braga di malam hari. Tampilan terakhir ini tetap mempertahankan siluet serta khas Shafira dengan desain dan motif kristal.

"Akan ada perpaduan tradisional dan modern," ungkap Shetiawan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com