Kompas.com - 19/03/2018, 21:00 WIB
Mendengarkan musik Ivanko_BrnjakovicMendengarkan musik

KOMPAS.com - Kita pasti sering melakukannya - memutar lagu yang sama berulang-ulang sampai orang lain menyangka kita aneh. Tapi, mengapa kita terkadang tak ada bosannya mendengar musik yang sama?

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap 204 pria dan wanita berusia 30-an tahun, terungkap bahwa alasan kebiasaan mendengar lagu yang sama terus disebabkan karena adanya kenangan atau emosi tertentu dari lagu tersebut.

Diterbitkan dalam jurnal Psychology of Music, survei ini menanyakan pada responden tentang lagu-lagu yang paling sering mereka dengarkan dan seberapa sering mereka mendengarkannya.

Hasil riset membuktikan bahwa 86 persen peserta mendengarkan lagu favorit mereka seminggu sekali. Uniknya lagi, hampir setengah peserta riset mendengarkan setiap hari.

Ditanyakan pula tentang pengalaman mereka saat mendengarkan lagu, seperti kedalaman koneksi terhadap lagu tersebut yang meliputi aspek-aspek lagu yang menarik mereka kembali pada kenangan tertentu.

Selain itu, peneliti juga menanyakan berapa banyak lagu yang bisa mereka ingat di kepala mereka, dan bagaimana lirik lagu tersebut membuat mereka merasa senang, bahagia, tenang atau sedih.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca :Pintar Main Musik Bikin Pria Digilai Wanita

Mereka yang memiliki lagu favorit yang dapat digolongkan sebagai lagu "bahagia", tertarik mendengarkan lagu tersebut karena tempo dan iramanya.

Sementara mereka yang memfavoritkan lagu bernuansa "kesedihan", tertarik mendengarkannya karena lagu tersebut memiliki kaitan mendalam dengan hidup mereka.

Hal ini juga dikaitkan dengan kemampuan yang lebih besar untuk membangun "struktur mental" dari lagu yang membuat lagu tersebut selalu tergiang-ngiang di kepala mereka.

Sementara itu, British Psychological Society berpendapat bahwa pengaruh emosional dapat membuat seseorang memutar lagu yang sama berulang kali, sama seperti mengkonsumsi obat pengatur mood.

Pengaruh tersebut lebih terasa daripada saat kita mendapatkan sesuatu yang baru. Tergoda untuk mendengarkan lagu yang mengingatkan kisah cinta pertama? Bersiaplah untuk merasakan pengaruhnya...

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber standard

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.