Kompas.com - 20/03/2018, 05:16 WIB

KOMPAS.com - Cinta adalah hal yang paling rumit di dunia ini. Banyak hal mengenai cinta yang tidak dapat ditebak atau diprediksikan.

Namun demikian, riset terbaru mengatakan bahwa beberapa jenis kecerdasan dapat memainkan faktor besar dalam menentukan berapa cepat peluang seseorang untuk menikah.

Laman The Independent melaporkan bahwa riset tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Hanken School of Economics dan Aalto Universiy di Finlandia, serta Temple University di Philadelphia.

Periset memutuskan untuk mengeksplorasi bagaimana kecerdasan seorang pria dapat mempengaruhi peluangnya untuk segera menikah.

Riset yang dipimpin oleh Jaakko Aspara ini menganalis data dari angkatan bersenjata dan National Population Register Centre di Finlandia, serta Otoritas Pajak Finlandia.

Dari ketiga instansi tersebut peneliti mengumpulkan data dari 190.000 pria. Kemudian, periset pun menganalisis variabel berupa tingkat IQ dan variabel lain seperti tingkat pendapatan dan status sosial mereka.

Dalam variabel IQ, periset mengelompokkannya menjadi 3 bagian, yaitu kecerdasan verbal, logika dan numerik.

Kecerdasan verbal melibatkan kemampuan untuk menganalisis informasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan penalaran berbasis bahasa.

Kecerdasan logis terdiri dari keahlian dalam memahami dan memecahkan masalah yang kompleks, sementara mereka yang menampilkan kecerdasan numerik mengambil pendekatan yang lebih matematis.

Para periset menyimpulkan bahwa pria dewasa muda dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi cenderung memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menikah di masa depan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.