5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Tabir Surya

Kompas.com - 20/03/2018, 07:47 WIB
Ilustrasi menggunakan tabir surya JupiterimagesIlustrasi menggunakan tabir surya
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tahukah kamu kalau sebenarnya penggunaan krim tabir surya tidak terbatas hanya untuk pergi ke pantai atau berenang saja?

Ya! Idealnya, sunblock harus digunakan setiap hari sebelum keluar rumah. Tidak hanya untuk mencegah kulit terbakar sinar matahari yang bikin gosong, tetapi juga mencegah kanker kulit.

Sebenarnya, sinar matahari tidak selamanya buruk. Tubuh tetap perlu sinar matahari untuk memproduksi vitamin D yang penting bagi kesehatan tulang sekaligus mengurangi risiko terkena penyakit kardiovaskular.

Kekurangan sinar matahari justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Namun, berlama-lama bermandikan sinar matahari tanpa perlindungan juga tidak baik.

Ada tiga jenis radiasi UV (ultraviolet) yang dipancarkan matahari, namun hanya UVA dan UVB yang berpengaruh pada tubuh manusia.

Sinar UVA, atau biasa dikenal dengan aging rays, dapat mempercepat penuaan kulit, serta menyebabkan keriput dan flek hitam. Sementara itu, sinar UVB atau burning rays adalah jenis sinar yang bisa membuat kulit terbakar.

Paparan yang terlalu tinggi terhadap kedua sinar tersebut dapat memicu terjadinya kanker kulit. Terlebih, sinar UVA dapat menembus kaca dan awan. Meskiinar UVB tidak bisa, tetapi intensitas radiasinya jauh lebih kuat daripada UVA.

Baca juga : Sudah Pakai Tabir Surya, Mengapa Kulit Masih Terbakar?

Itu sebabnya penting bagi kita untuk mengoleskan sunblock setiap hari sebelum keluar rumah, bahkan jika cuaca mendung. Sunblock atau tabir surya akan menghalangi penyerapan radiasi ke dalam permukaan kulit.

Selain sinar UV yang berasal dari matahari, tanning bed dan tanning lamp yang sering kali digunakan untuk mencokelatkan kulit juga memancarkan sinar UV yang dapat memicu kanker kulit. Jadi, hindari menggunakan kedua alat tersebut terlalu sering.

Yang harus diperhatikan saat membeli produk sunblock menurut review dr Yusra Firdaus seperti dikutip HelloSehat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X