Kompas.com - 20/03/2018, 09:08 WIB
Buah semangka pilipphotoBuah semangka

KOMPAS.com - Buah semangka merupakan salah satu buah yang direkomendasikan untuk ibu hamil.

Bukan cuma menyegarkan, tapi semangka juga bisa membantu meredakan gejala mual dan muntah, serta membuat tubuh ibu hamil tetap terhidrasi.

Hampir 92 persen buah semangka terdiri dari air dan gula buah. Itu sebabnya mengonsumsi buah ini bisa mencegah dehidrasi akibat mual muntah yang berlebihan di awal kehamilan.

Selain itu kandungan mineral di dalam semangka dapat membantu mencegah kram yang biasanya terjadi di trimester tiga kehamilan.

Jika dibandingkan dengan tomat, ternyata kandungan likopen dalam semangka lebih tinggi. Buah ini juga mengandung antioksidan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan tabir surya alami dalam kulit.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal  International Journal of Gynecology and Obstetrics menemukan, mengonsumsi suplemen likopen setiap hari bisa mengurangi insiden preeklampsia sampai 50 persen.

Kandungan lain dalam buah ini adalah vitamin A,C, dan B6, selain juga potasium dan magnesium. Nutrisi ini penting untuk perkembangan organ tubuh bayi.

Hal paling menarik dari buah ini tentu saja rasanya yang manis dan segar, sehingga jarang ibu hamil yang akan menolaknya karena merasa mual.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.