Berapa Rentang Waktu Ideal Merencanakan Pernikahan?

Kompas.com - 20/03/2018, 16:07 WIB
Ilustrasi pernikahanferlistockphoto Ilustrasi pernikahan

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernikahan merupakan salah satu momen bahagia dalam kehidupan. Karenanya persiapan untuk acara bahagia itu harus dilakukan secara matang. Nah, berapa sih jangka waktu ideal untuk merencanakan pernikahan?

Editor in Chief Bridestory Ayunda Wardhani mengatakan 12 bulan adalah jangka waktu ideal untuk merencanakan pernikahan.
 
Alasannya, pernikahan memerlukan diskusi hingga kunjungan ke vendor-vendor untuk membandingkan desain, konsep hingga harga. Dan aktivitas tersebut tidak memakan waktu sebentar.
 
"Bahkan untuk booking gedung saja sekarang sudah sampai 12 bulan sebelum hari acara," kata Ayunda kepada Kompas Lifestyle, Jakarta, Senin (19/3/2018).
 
Dari survei yang dilakukan Bridestory tahun 2017 juga terungkap jika 9-12 bulan paling disukai pasangan untuk merencanakan pernikahan, dengan 31 persen mereka memilih rentang waktu tersebut.
 
Survei itu dilakukan Bridestory tahun 2017 terhadap 5.000 pengantin perempuan dan pria dengan usia 25-34 tahun yang sebagian besar berasal dari Jabodetabek.
 
 
Nah, proses apa saja yang bisa dilakukan dalam perencanaan pernikahan selama 12 bulan sebelum acara?
 
Survei tersebut memberikan saran agar di bulan ke-12 sebelum acara bisa memproses tempat, katering, serta riasan.
 
Kemudian hitung mundur pada bulan ke-11 untuk mengurus perencana pernikahan, dekorasi dan fotografer atau videografer. 
 
Lalu untuk bulan ke-10 bisa mencari-cari busana pernikahan, dan diikuti bulan ke-9 untuk busana pendamping pernikahan.
 
Kemudian pada bulan ke-7 bisa mencari pembawa acara, hiburan hingga kue pernikahan. Nah pada bulan ke-5 sebelum hari H diperuntukkan mengurus undangan, cinderamata, dan cincin pernikahan.
 
Terakhir, pada bulan ke-3 sebelum acara, calon pengantin bisa mengatur untuk bulan madu dan sedikit relaksasi ke spa agar fit saat acara.

 



Close Ads X