Postur Tubuh di Foto Profil Pengaruhi Sukses Tidaknya Kencan Online

Kompas.com - 20/03/2018, 20:04 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Jika sebuah gambar bisa mengandung beribu makna, mungkin ini juga berlaku untuk foto profil pada aplikasi kencan.

Dalam budaya modern di mana semua bergantung pada bantuan aplikasi, termasuk mencari cinta, maka "jodoh" kita bisa ditentukan oleh impuls sepersekian detik, misalnya melihat foto profil calon pasangan.

Pencarian jodoh lewat kencan online ternyata bukan hanya ditentukan oleh hal yang jelas-jelas dapat dipandang mata, seperti senyum yang indah atau pakaian keren yang kamu kenakan pada foto, namun juga postur tubuh.

Peneliti dari Princeton University, New Jersey, AS, menyimpulkan bahwa orang yang menunjukkan postur tubuh yang terlihat ramah di foto cenderung lebih menarik. Maksud postur tersebut dapat berupa posisi lengan yang terbuka daripada dilipat atau postur kaki yang terbuka daripada disilangkan.

Baca :Tips Kencan dari Tomlin, Si Pria Peraih "The Most Right-Swiped” Tinder

Penelitian yang dipublikasikan di The Journal Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America ini mengklaim bahwa postur ini menunjukkan ciri-ciri seperti keterbukaan dan dominasi. Postur ini juga membuat seseorang terlihat menarik.

Dalam riset ini, para peneliti membuat dua profil untuk aplikasi kencan yang berbeda untuk orang yang sama. Salah satu profil tersebut menggunakan foto dengan postur tubuh yang mengadopsi sikap membungkuk, sementara yang lain menampilkan pose dalam postur yang ramah.

Hasilnya, profil yang menggunakan foto dengan postur ekspansif memiliki peluang dua kali lipat untuk sukses mendapat teman kencan. Para peneliti juga menguji teori mereka dalam kehidupan nyata pada acara kencan singkat.

Setelah menganalisis rekaman video dari acara tersebut, mereka menemukan bahwa orang lajang memiliki peluang ganda untuk terpilih sebagai teman kencan jika postur tubuh mereka terlihat ramah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X