Kompas.com - 21/03/2018, 06:57 WIB
Karya lima desainer Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) yang akan dipamerkan padaajang fashion scout, bagian dari London Fashion Week Autumn Winter 2018. KOMPAS.com/Nabilla TashandraKarya lima desainer Indonesia Modest Fashion Designer (IMFD) yang akan dipamerkan padaajang fashion scout, bagian dari London Fashion Week Autumn Winter 2018.
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Modest fashion belakangan menjadi sorotan. Sejumlah desainer tanah air hingga desainer ternama dunia mulai menjajal bidang ini.

Pekan fesyen yang mengusung tema modest wear pun digelar di sejumlah negara di dunia. Mulai dari Inggris, Uni Emirat Arab, Turki, dan lainnya.

Sama-sama mengusung "modest wear", sebenarnya apa sih perbedaan gaya modest wear di Indonesia dan di negara-negara lain? Apakah sama atau justru sangat berbeda?

"Kita enggak bisa set trend di modest fashion bergantung satu negara. Karena pasar modest fashion beda-beda negara punya klaim sendiri-sendiri," ujar Chief Creative Officer EBW World Wide, Stevy Giani Sela seusai konferensi pers Modest Fashion Summit di Shangri-La Hotel, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Stevy menambahkan, modest fashion memang sangat dekat dengan wanita muslim terutama mereka yang berhijab.

Tren modest fashion pun menurutnya diawali dari permintaan baju muslim yang tinggi, setidaknya dalam lima tahun terakhir dan mencapai puncaknya di 2017 lalu.

Chief Creative Officer of EBW World Wide Stevy Giani Sela, Visual & Arts Director of EBW World Wide Gabriella Wells dan PR Director of EBW World Wide Molika McFarquhar (paling kiri ke kanan) seusai konferensi pers di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (20/3/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Chief Creative Officer of EBW World Wide Stevy Giani Sela, Visual & Arts Director of EBW World Wide Gabriella Wells dan PR Director of EBW World Wide Molika McFarquhar (paling kiri ke kanan) seusai konferensi pers di Shangri-La Hotel Jakarta, Selasa (20/3/2018).
Kemudian, mulai bermunculan desainer-desainer ternama global yang meluncurkan koleksi busana dengan tema modest. Hal ini membuat komunitas-komunitas pecinta fesyen mulai menjajal gaya baru ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Akhirnya community datang dengan nama modest fashion. Idenya adalah fashion tapi tetap modest. Yang tidak begitu mengumbar, yang sederhana, sopan," tuturnya.

Untuk di Indonesia, modest wear erat kaitnnya dengan baju muslim. Di Jakarta misalnya, kata Stevy, banyak yang menggunakan dress panjang yang dipadukan dengan beragam outer.

Sementara Dubai, Uni Emirat Arab, memiliki gaya modest wear ready-couture yang dituangkan kepada pakaian seperti dress panjang hingga abaya yang dihiasi banyak hiasan dan detail.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.