Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Kesehatan di Balik Kebiasaan Menggigit Kuku

Kompas.com - 21/03/2018, 11:30 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak kebiasaan kecil yang kita lakukan setiap hari namun ternyata kurang baik bagi kesehatan. Salah satunya adalah menggigit kuku.

Seperti dikutip dari Reader's Digest, Onychophagia (terminologi medis untuk menggigit kuku) tak sekadar merusak penampilan kuku-kuku. Kebiasaan ini bahkan bisa menjadi pintu masuk bakteri di tangan ke dalam mulut dan peredaran darah.

Sekalipun sudah rajin mencuci tangan secara rutin, tentunya tangan kita tetap punya banyak kesibukan, menyentuh berbagai benda. Kotoran-kotoran di balik kuku juga bisa masuk ke dalam mulut.

Jika itu terjadi, maka bakteri akan masuk ke dalam mulut dan menyebabkan timbulnya sejumlah penyakit. Seperti demam, flu atau infeksi bakteri. Lebih jauh, kebiasaan menggigit kuku juga bisa merusak gigi.

Lalu, bagaimana menghentikan kebiasaan buruk ini? Dikutip dari elitedaily.com, setidaknya ada tiga cara yang bisa dilakukan.

Pertama, mencari tahu alasan mengapa kamu melakukan kebiasaan itu. Akademi Dermatologi Amerika (AAD) menyebutkan bahwa kebiasaan menggigit kuku bisa jadi dipicu karena melihat bagian kuku yang belum terpotong, atau hanya sekadar cemas dan bosan.

Jika rasa bosan menjadi salah satu alasannya, coba temukan hal lain untuk dilakukan sehingga kita lupa dengan kebiasaan lama.

Psikolog Jeremy Dean pernah menuliskannya di Psychology Today, bahwa untuk mengganti kebiasaan menggigit kuku kamu bisa mengunyah permen karet, menggosok kedua tangan atau menggenggam stress ball sehingga tanganmu tidak akan menganggur.

Cara lainnya, yakni menggunakan cat kuku. Baik pewarna kuku maupun nail polish sama-sama tidak enak dimakan dan rasanya (mungkin) pahit. Dengan begitu, kebiasaan burukmu perlahan bisa dikurangi.

Ketiga, jaga kuku agar tetap pendek. Jika kukumu pendek, tak ada yang bisa kamu gigit sehingga kebiasaan tersebut bisa perlahan dihentikan.

Hal terpenting adalah melalui tekad yang bulat. Jika ada niat, kamu pasti bisa menghentikan semua kebiasaan buruk yang kamu miliki dan mulai memikirkan kesehatan.

Baca juga: Waspadai Infeksi Setelah "Pedicure" dengan Alat yang Tidak Steril

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com