Takut Tertular Penyakit Saat Penerbangan? Duduklah Dekat Jendela

Kompas.com - 21/03/2018, 19:45 WIB
Ilustrasi penumpang pesawat ChalabalaIlustrasi penumpang pesawat

KOMPAS.com - Duduk bersama banyak orang dalam pesawat terbang adalah kondisi yang memungkinkan tertular berbagai penyakit.

Tapi kini, kita tak perlu khawatir lagi. Berdasarkan laporan Techtimes, riset terbaru telah menemukan bahwa ada satu tempat di pesawat terbang yang lebih menawarkan perlindungan dari berbagai penularan penyakit seperti flu.

Ini menjadi bukti bahwa posisi duduk di pesawat bisa menentukan potensi kita untuk tertular penyakit.

Berdasarkan laporan dari New York Post, para peneliti bahwa duduk di kursi dekat jendela bisa mengurangi risiko tertular penyakit selama penerbangan yang di dapat dari orang-orang yang duduk di kursi lorong atau orang-orang yang berlalu lalang selama penerbangan.

Hal ini juga telah dibutikan berdasarkan riset yang menganalisis perilaku dan pergerakan para penumpang pesawat di kelas ekonomi dari 10 penerbangan antar benua di Amerika.

"Untuk orang yang tidak ingin sakit, duduklah di kursi jendela dan jangan beranjak dari kursi," kata Vicki Stover Hertzberg dari Emory University di Atlanta, selaku pemimpin dalam riset.

Para periset menemukan bahwa orang yang duduk di baris yang sama dengan penumpang yang menderita flu, berisiko besar menderita flu usai penerbangan. Hal ini juga berlaku bagi mereka yang duduk satu baris di depan atau di belakangnya.

Sementara penumpang yang duduk di posisi lainnya, memang tidak sepenuhnya terhindar dari penyakit ini. Tapi setidaknya, risiko mereka tertular lebih tipis.

Periset menyakini bahwa hanya sedikit yang memahami tentang hal ini, meskipun laporan mengenai penyebaran virus di pesawat terbang telah banyak disampaikan.

Selama penerbangan, para peneliti memperhatikan bahwa ada pola yang muncul terkait penularan penyakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X