Kompas.com - 22/03/2018, 07:16 WIB
Rempah yang dipakai untuk perawatan Batimung di Gaya Spa Wellness. Dok Gaya SpaRempah yang dipakai untuk perawatan Batimung di Gaya Spa Wellness.

KOMPAS.com - Indonesia kaya akan berbagai perawatan kulit tradisional, salah satunya adalah Batimung yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan.

Terinspirasi dari kecantikan Putri Junjung Buih, Batimung biasanya digunakan sebagai pengobatan, perawatan calon pengantin, serta wanita dewasa dan remaja putri, untuk memelihara kebugaran dan menghilangkan bau keringat.

Perawatan ini menggunakan ramuan yang terdiri dari rempah khas Indonesia yaitu pula sari, akar wangi, temulawak, pucuk ganti, ginseng, mesoyi, jeruk purut, buah adas, temugiring, biji klabet, cengkeh, kayu manis, bunga sisir, kapulaga jawa, dan lada.

Perawatan Batimung.Dok Gaya Spa Perawatan Batimung.
Di Jakarta, salah satu tempat yang menyediakan perawatan Batimung adalah Gaya Spa Wellness yang memang memiliki terapi Etno Spa yang berlatar belakang budaya Indonesia.

"Perawatan Batimung ini sangat bagus untuk menghilangkan bau badan, jadi di era modern ini tidak perlu menunggu untuk mau menikah saja yang bisa melakukannya," kata Agnes Lourda Hutagalung, pemilik Gaya Spa Wellness dalam acara temu media, Selasa (20/3).

Rempah-rempah yang dipakai dalam perawatan ini efektif untuk meluruhkan toksin dan sel kulit mati sehingga tubuh lebih segar dan harum.

Selain itu, teknik pijatan yang dipakai juga membantu rileksasi sehingga tidur lebih nyenyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Agnes menjelaskan, di Banjar, tempat asal perawatan Batimung, perawatan ini memiliki filosofi kebersamaan.

"Ada nilai kebersamaan dalam Batimung karena dahulu kalau ada yang mau menikah satu kampung ikut sibuk. Ada yang menyiapkan daun pandan, melati, dan rempah lainnya," ujarnya.


 


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.