Kompas.com - 22/03/2018, 08:00 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Setiap daerah di Indonesia bukan hanya memiliki keunikan dalam hal busana, makanan, atau bahasa, tapi juga perawatan spa tradisional.

Perawatan spa yang digali dari budaya Indonesia disebut juga dengan "Etno Wellness". Bukan hanya penggunaan rempah yang berbeda, teknik pijatan, dan cara perawatannya sangat bervariasi.

Gaya Spa Wellness, sejak tiga tahun terakhir mengembangkan etno wellness dengan meminta bantuan para ahli antropologi untuk menjaga keaslian perawatan tersebut.

"Kami baru memiliki 15 etno wellness, misalnya dari Jawa, Betawi, Banjar, Batak, hingga Minahasa. Semuanya didasarkan pada riset dan dikembangkan lagi oleh Indonesia Spa Profesional Association agar layak dikomersilkan," kata Agnes Lourda Hutagalung, pemilik Gaya Spa Wellness di Jakarta (20/3).

Agnes menambahkan, perawatan spa Indoensia merupakan bagian dari keagungan bangsa yang harus dipertahankan.

"Kami mengajak banyak komunitas untuk mencoba perawatan ini. Di sini kami memang menyediakan perawatan yang benar-benar berasal dari kearifan lokal, asli," ujar Agnes.

Ia mengatakan, salah satu tantangan yang dihadapi dalam mengembangkan etno wellness adalah kesulitan mencari "dukun pijat" yang masih memakai teknik pijatan asli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kebanyakan sudah dipengaruhi modernisasi, termasuk juga pengaruh Jawa. Tapi banyak daerah yang sudah tidak ada 'dukunnya', misalnya saja untuk Batimung dari Banjar Kalimantan Selatan. Jadi kami memakai teknik pijatan yang sudah disahkan Kementrian Kesehatan sebagai pijat tradisional," ujarnya.

Sementara itu, ahli pijat tradisional dari Suku Batak, menurut Agnes, termasuk yang masih mudah ditemui. Demikian juga halnya dengan Suku Betawi yang masih memiliki sekitar 100 "dukun pijat".

Para "dukun pijat" itu kemudian diminta melatih terapis-terapis di Gaya Spa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.