Kompas.com - 22/03/2018, 12:53 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak orang mendambakan tubuh ideal. Pasalnya, memiliki berat badan ideal mampu membuat kita lebih percaya diri sekaligus nyaman memilih pakaian.

Untuk mencapai hal ini, tidak sedikit yang melakukan berbagai macam diet. Apalagi ada berbagai diet yang katanya bisa bikin berat badan turun dengan cepat.

Namun ternyata tak semua diet yang terkenal itu ampuh menurunkan berat badan. Apa sajakah itu?

1. Diet detoks

Prinsip utama diet detoks adalah menyingkirkan sementara jenis makan tertentu dengan tujuan menghilangkan racun yang terbentuk dari lingkungan, pola makan dan gaya hidup.

Dilansir dari Huffingtonpost, sebenarnya tubuh sudah dirancang secara alami untuk membersihkan racun maupun bahan kimia yang berpotensi membahayakan tubuh.

Organ-organ tubuh seperti hati, ginjal, paru-paru dan saluran cerna melakukan tugas tersebut dengan baik.

Mungkin pada beberapa kasus, diet detoks diterapkan karena organ tubuh yang bertugas menjadi penangkal racun tidak bekerja dengan baik. Jika hal ini terjadi, sebaiknya bertanya pada ahli medis untuk diketahui penanganan yang tepat, dan bukan dengan melakukan diet detoks.

Diet detoks sering kali berbahaya karena sifatnya yang kaku – mengharuskan untuk menghindari berbagai jenis makanan – sehingga diet ini bisa menjadi risiko kesehatan pada anak-anak, remaja, wanita hamil, dan orang tua.

Sebagai gantinya, kita bisa mengonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi, membatasi junk food dan makanan olahan, serta minuman manis. Pada intinya jika kita merawat tubuh dengan baik, maka tidak diet detoks tidak dibutuhkan.

Baca juga : Detoks Tak Harus Drastis Mengubah Pola Makan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.