Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Donasi Pembelian Air Mineral di Starbucks untuk Akses Air Bersih

Kompas.com - 22/03/2018, 13:00 WIB
Kahfi Dirga Cahya,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tahukah kamu, untuk setiap pembelian air mineral di Starbucks, Rp 1.000 akan disumbangkan untuk pengadaan air bersih di daerah yang membutuhkan.

Ternyata, gerai kopi asal Amerika Serikat tersebut menggunakan donasinya untuk diberikan pada Planet Water Foundation untuk melaksanakan Project 24.

Project 24 adalah sebuah kegiatan Hari Air Sedunia untuk meningkatkan kesadaran akan kondisi krisis air global dengan memobilisasi perusahaan dan warga untuk memberikan program pendidikan air bersih dan aman di 24 komunitas di lima negara dalam 24 jam. 

Salah satu bentuk konkritnya adalah membuka akses masyarakat terhadap air bersih dengan membangun AquaTower yang dapat mendukung kebutuhan air minum masyarakat sehari-hari hingga 1.000 orang per hari.

Untuk tahun ini, Starbucks memilih mengadakan di SD Negeri 2, Gelanggang, Kuang Wai, Lombok Timur, NTB.

Pemilihan daerah ini bukan tanpa alasan. Dikutip dari keterangan yang diterima Kompas.com, Desa Kuang Wai disebut terdampak dari industrialisasi dan polusi di pulau Lombok yang membuat sumur air tidak aman untuk diminum.

Anak-anak sekolah di daerah tersebut sering mengalami penyakit kulit dan gangguan pernafasan yang disebabkan oleh air yang terkontaminasi. Karena itu, Project 24 memilih kawasan ini agar masayarakat di tempat tersebut dapat menikmati air bersih.

Senior general manager, public relation dan komunikasi, Starbucks Indonesia, Andrea Siahaan, mengatakan kerjasama Starbucks dan Planet Water Foundation telah terjalin sejak 2011 dengan membangun 10 AquaTower di wilayah yang kesulitan mendapatkan air bersih seperti di Bekasi, Tangerang, Surabaya, Sumatra, Bali, hingga Lombok. 

“Melalui program yang berkelanjutan, Starbucks berkomitmen menyumbangkan Rp 1.000 ke Planet Water Foundation untuk setiap botol air mineral yang terjual di Starbucks untuk membangun AquaTower guna penyediaan akses air bersih,” katanya.

Selain itu, Starbucks bersama Planet Water Foundation juga memberikan pelatihan kepada masyarakat lokal berupa cara memelihara sistem filtrasi air yang mencakup dukungan selama lima tahun berupa pemantauan kualitas air dan program pendidikan kebersihan yang berkelanjutan untuk masyarakat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com