Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sehat Makan Seafood Supaya Kolesterol Tidak Makin Melonjak

Kompas.com - 25/03/2018, 10:29 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Punya kolesterol tinggi artinya harus pintar-pintar memilih makanan. Salah satu makanan nikmat namun bisa kurang aman bagi pemilik kolesterol tinggi adalah seafood.

Padahal, makanan laut kaya akan asam lemak omega-3 dan zat gizi lainnya yang sebenarnya baik untuk kesehatan.

Jika kamu tidak mau ketinggalan segudang manfaat ikan dan kerang-kerangan, simak tips sehat makan seafood dari HelloSehat yang direview dr. Damar Upahita, tanpa harus takut kolesterol makin naik.

1. Perhatikan cara memasaknya

Menggoreng makanan dapat menyumbang lebih banyak asupan kadar lemak trans dalam tubuh, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat.

Cara memasak paling aman adalah dengan dipanggang, rebus, kukus, atau tumis dengan sedikit minyak saja atau tanpa minyak sama sekali.

Ada banyak menu seafood tanpa minyak yang bisa kita konsumsi. Contohnya, kerang rebus, udang panggang, pepes ikan, tim ikan, hingga ikan bakar.

Jika ingin memanggang ikan atau daging laut lainnya, pangganglah di atas panci kering atau rak yang memungkinkan lemak dari makanan menetes sehingga tidak mengendap.

Sebisa mungkin hindari minyak sayur, apalagi minyak yang sudah berulang kali digunakan (minyak jelantah). Gunakanlah minyak sehat yang rendah lemak seperti canola atau minyak zaitun.

2. Tambahkan banyak rempah-rempah

Untuk menambahkan cita rasa dan menjaga kelembapan daging, kita bisa menambahkan rempah dan bumbu-bumbu lainnya sebagai pengganti garam.

Metode memasak ini dijamin memiliki aroma yang menggugah selera, namun tetap rendah kolesterol.

Beberapa rempah juga ternyata bisa membantu menurunkan kolesterol. Bawang putih, misalnya, dilaporkan dapat menurunkan kolesterol jahat dan trigliserida hingga 20 mg/dL, dilansir dalam laman Web MD.

Oleh karena itu, menambahkan bawang putih dalam bumbu masakan bisa menjadi cara yang lebih aman untuk menjaga kadar kolesterol darah cenderung lebih stabil saat makan seafood.

Ilustrasi seafoodFudio Ilustrasi seafood
3. Tambahkan perasan jeruk lemon

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com