Kompas.com - 25/03/2018, 18:09 WIB
Dari kiri, Brand Manager Natur-E Widya Wulandari dan pendiri plus size community Indonesia Ririe Bogar, Jakarta, Minggu (25/3/2018). KOMPAS.com/KAHFI DIRGA CAHYADari kiri, Brand Manager Natur-E Widya Wulandari dan pendiri plus size community Indonesia Ririe Bogar, Jakarta, Minggu (25/3/2018).
|
Editor Wisnubrata
JAKARTA, KOMPAS.com - Memandang aneh perempuan yang berbadan besar bukanlah hal yang sopan. Tapi, sayangnya masyarakat masih umum melakukan hal tersebut. Bahkan tak sedikit yang menganggap bahwa perempuan plus size kurang cantik.
 
Menanggapi sentimen semacam itu, aktivis plus size Ririe Bogar mengatakan, "Saya justru sedih dengan perempuan kurus yang merasa gendut."
 
Ririe sendiri menganggap bahwa dia tak pernah masalah dengan sentimen negatif soal plus size dan tetap percaya diri.
 
Mengapa demikian? Ririe berprinsip setiap perempuan cantik, termasuk yang berbadan plus. Karena itu, menurut penulis buku 'Cantik Itu Ejaannya bukan K.U.R.U.S', semua perempuan harus menemukan dan mengembangkan potensinya masing-masing.
 
Khusus perempuan plus size, katanya, harus tetap percaya diri dan merawat diri. 
 
"Sesimpel tetap olahraga, mandi dan melakukan perawatan diri termasuk kulit," kata Ririe yang ditemui dalam Up Close and Personal, Natur-E, Jakarta, Minggu (25/3/2018).
 
Dia tak menyarankan perempuan plus size malas merawat diri. Karena, semakin jauh dari perawatan, justru mengurangi kepercayaan diri. 
 
Apalagi, kata Ririe, mereka malas olahraga. "Padahal kita ini kan harus berkeringat agar tetap sehat," kata pendiri komunitas Xtra-L ini.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.