Kompas.com - 26/03/2018, 11:19 WIB

KOMPAS.com - Label kopi Starbucks benar-benar ikonik. Bahkan tanpa melihat logonya, kita bisa membayangkan produknya hanya dengan mendengar namanya saja.

Namun, tahukah kalian apa arti nama label minuman kopi yang terkenal ini dan hubungannya dengan gambar wanita yang menjadi ikon pada logonya?

Dilansir dari laman Reader's Diggest, gambar wanita pada logo label kopi terkenal ini merupakan makhluk mitologi yang disebut siren, yang merupakan seorang peri laut.

Semula, Gordon Bowker yang merupakan co-founder Starbuck berniat menamakan perusahaan kopi ini dengan "Cargo House". Sesuatu yang mungkin tidak akan membuatnya sebesar sekarang bila terjadi.

Sang pemilik juga menjelaskan bahwa gerai kopi ini juga sempat akan diberi nama "Pequod" nama kapal milik Kapten Ahab dalam kisah epik Moby Dick yang bercerita tentang perburuan paus.

Namun Terry Heckler, konsultan merek yang merancang logo lini tersebut, tidak terlalu menyukai nama itu. Heckler lebih menyukai kata-kata yang seolah memiliki kekuatan seperti yang dimulai dengan fonem "st".

Inilah awal munculnya sebuah merek yang pada tahun 2016, telah berkembang hingga lebih dari 25.000 gerai. Dari sana, Bowker membuat daftar kata-kata "st". Tetapi, Starbucks tidak ada di dalam daftar yang dibuatnya.

Ketika Bowker dan teman-temannya mencoba untuk menemukan nama bagi gerai mereka, Heckler mengeluarkan peta gunung Rainer dan Cascade tahun 1800an. Dalam perta tersebut, terdapat salah satu kota pertambangan bernama Starbos yang sangat menarik perhatian Bowker.

Baca :Alasan di Balik Penutupan Starbucks UI

Bowker segera teringat pada salah satu awak kapal Pequod, yakni "Starbuck". Kemudian, mereka menambahkan huruf "s" dibelakang kata tersebut agar terdengar lebih "enak" saat diucapkan.

Halaman:



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.