Kompas.com - 26/03/2018, 16:30 WIB
Salah satu sudut pemandangan di Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018). KOMPAS.com/Eris Eka JayaSalah satu sudut pemandangan di Pantai Menganti yang berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Selasa (20/3/2018).

KOMPAS.com - Kita semua tentu sudah amat mengerti, menyisihkan waktu untuk menikmati alam terbuka tak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik, tapi pun mental.

Nah, di antara sekian banyak aktivitas di alam terbuka, ternyata secara khusus ada benefit istimewa jika kita rutin menyediakan waktu pergi ke pantai.

Perasaan damai dan tenang luar biasa yang kita alami di pantai dapat disebut sebagai “ruang biru.”

"Ruang" itulah yang telah dijuluki oleh para ilmuwan sebagai efek kombinasi antara bau dan suara air yang mendatangkan kebahagiaan di dalam otak kita.

Seperti dikutip dari laman corespirit.com, disebutkan, "ruang biru" mampu menbuat kita merasa amat nyaman, bak dihipnotis. 

 

Ternyata, ketika kita merasa betapa rileksnya berada di pantai, hal itu bukan hanya terasa di kepala kita.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih dari itu, sains mengungkapkan, perubahan dalam cara otak bereaksi terhadap lingkungan mampu membuat kita merasa bahagia, rileks, dan mendapatkan energi kembali.

Secara umum, ada setidaknya empat efek positif dari "ruang biru".

1. Pergi ke pantai mengurangi stres

Sejak lama, air dikenal sebagai pengobatan alam untuk stres. Air dipenuhi ion positif yang dikenal secara alami memiliki kemampuan untuk membuat kita merasa nyaman.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X