15 Olahraga Kardio untuk Mereka yang Tidak Suka Lari

Kompas.com - 27/03/2018, 05:18 WIB
Ilustrasi cross squat slavemotionIlustrasi cross squat
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kamu ingin berlatih kardio, tapi terbentur oleh satu dilema: Kamu tidak suka lari. Atau bersepeda. Atau menggunakan elliptical. Tak masalah.

Dengan begitu banyak pilihan gerakan kardio, mereka yang memilih untuk tidak berlari tidak akan memiliki banyak masalah menemukan latihan pengganti yang mungkin lebih sesuai dengan keinginan; yang hanya perlu dilakukan adalah terbuka untuk menjajal beberapa latihan baru.

Berikut adalah 15 alternatif latihan kardio yang bisa dicampur-campur sebagai pilihan bagi yang tidak menyukai lari.

1. Naik-turun tangga

Entah itu di taman, kantor, atau bangunan apartemen, pastilah ada tangga di dekat situ. Tangga adalah cara yang bagus untuk latihan jantung dan paru-paru.

Kamu bisa mendaki cepat, lompat (melongkapi satu anak tangga), atau lompat menyamping (lateral high knee). Lakukan 3 repetisi naik-turun tangga untuk melengkapi 1 setnya.

“Ketika dilakukan dengan benar, naik turun tangga dapat memberikan latihan kardio menantang serta memperkuat otot-otot bagian bawah tubuh,” kata Jessica Matthews, MS, juru bicara American Council on Exercise, dilansir dari Prevention.

Tips: Pastikan untuk tidak bertopang di pegangan tangan saat naik-turun tangga; ini akan membantu meringankan beban dari kaki, namun mengurangi efek dari kardio sederhana ini.

2. Lompat

Ilustrasi melompatjaksa95 Ilustrasi melompat
Lompat adalah cara yang baik untuk berkeringat deras dari latihan kardio tanpa harus berlari memutari trek jogging di taman kota yang selalu padat pengguna.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X