Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Big Bad Wolf Sediakan 5,5 Juta Buku Diskon Selama 280 Jam Nonstop

Kompas.com - 28/03/2018, 13:20 WIB
Wisnubrata

Editor

BSD, KOMPAS.com - Pameran dan penjualan buku yang disebut terbesar di Asia Tenggara tahun ini, Big Bad Wolf 2018, akan menyediakan 5,5 juta buku dengan harga diskon.

Dari semua buku itu, 80 persen adalah buku impor terbitan Usborne, DK, Disney, serta buku lokal dan buku berbahasa Mandarin, dengan diskon antara 60-80 persen.

Big Bad Wolf Book Sale akan dibuka untuk umum pada Kamis (29/3/2018) di Hall 7-10 ICE BSD, dan buka 24 jam nonstop selama 12 hari, atau 280 jam nonstop.

Pameran ini pertama kali hadir di Indonesia tahun 2016 dengan menggunakan satu hall di ICE, BSD membawa 2,5 juta buku. Namun tingginya antusias pengunjung membuat penyelenggara harus menambah satu hall lagi.

Pada hari ini saja, walau baru dibuka untuk undangan, antrean sudah terlihat sebelum hall dibuka. Pengunjung membawa koper dan tas besar, serta membeli menggunakan troli karena banyaknya buku yang dibeli.

"Kami hadir untuk meningkatkan minat baca masyarakat di Indonesia dengan buku-buku berkualitas," ujar Uli Silalahi, Presiden Direktur PT Jaya Ritel Indonesia, penyelenggara pameran.

Pameran buku Big Bad Wolf 2018 di ICE, BSDKompas.com/Wisnubrata Pameran buku Big Bad Wolf 2018 di ICE, BSD
Mengutip data UNESCO, persentase minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Artinya dari 10.000 anak, hanya satu orang yang senang membaca. Sedangkan dari sisi jumlah buku, 1 buku dibaca 15 ribu orang, padahal layaknya menurut UNESCO, satu buku mestinya dibaca 2 orang. Artinya jumlah buku yang beredar sangat sedikit.

Salah satu sebabnya adalah karena kecilnya kebiasaan membaca dan harga buku yang tidak terjangkau.

"Nah, saya berharap lewat acara ini rakyat lebih mudah mendapat buku bagus dengan harga terjangkau," ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Puan Maharani, yang membuka secara resmi pameran ini, Rabu (28/3/2018).

"Saya sendiri berharap ada cara agar acara ini bisa menjangkau lebih banyak orang, misalnya dengan sinergi dengan kementerian. Jadi jangan hanya menteri datang, membuka, gunting pita, lalu selesai," lanjutnya.

Pameran buku Big Bad Wolf 2018 di ICE, BSDKompas.com/Wisnubrata Pameran buku Big Bad Wolf 2018 di ICE, BSD
Pada Big Bad Wolf kali ini, diharapkan 750 ribu pengunjung akan hadir untuk berbelanja buku-buku bermutu. Luasnya area dan banyaknya buku yang bisa dipilih kemungkinan membuat pengunjung akan berlama-lama di dalam lokasi pameran. Karenanya panitia menyediakan lokasi istirahat, kuliner, serta 66 kasir untuk menghindari antrean yang terlalu panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com