Kompas.com - 29/03/2018, 14:41 WIB
Ilustrasi pasangan DragonImagesIlustrasi pasangan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang menyebabkan kondisi kulit seseorang terlihat cepat tua. Namun, ada bagian-bagian tubuh tertentu yang memang lebih cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tanda-tanda itu terlihat misalnya dari warna dan tekstur kulit yang mulai menunjukkan perubahan. Bagian mana saja kah itu?

1. Tangan

Tangan akan menunjukkan tanda-tanda penuaan lebih cepat, khususnya pada wanita. Dermatolog tersertifikasi, Kally Papantoniou, MD, FAAD menjelaakan, hal itu disebabkan oleh perubahan hormon yang mengurangi elastisitas kulit dan berkurangnya volume pada bagian punggung tangan.

"Perubahan ini juga menyebabkan tampilan kulit menurun dan urat-urat tangan terlihat jelas," kata Dr Papantoniou.

Selain itu, tangan juga sering tak terlindungi dari paparan sinar matahari sehingga proses penuaan tersebut lebih cepat terjadi.

Untuk meminimalisasinya, Dermatologis dan Asisten Klinik di Dermatologi UCLA, Ivy Lee, MD menyarankan untuk rajin menggunakan tabir surya dan mengenakan sarung tangan guna menghindari paparn sinar ultraviolet yang berbahaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga : Perlambat Proses Penuaan dengan Mengurangi Kalori

2. Mata

Apakah kamu pernah mendengar istilah 'laugh lines' atau garis senyum? Dr Papantoniou menjelaskan, garis wajah tersebut terbentuk pada kulit sekitar mata yang memiliki tekstur lebih tipis dan akan memunculkan kerutan jika melakukan sejumlah kebiasaan seperti tersenyum atau memicingkan mata saat terkena paparan sinar matahari.

Kebanyakan tabir surya mengandung formula tertentu sehingga tak diperkenankan jika diaplikasikan ke sekitar mata.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.