Kompas.com - 29/03/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi olahraga kickboxing tankist276Ilustrasi olahraga kickboxing

KOMPAS.com - Berkeringat ketika berolahraga adalah hal yang wajar. Namun, apakah jumlah keringat yang keluar ketika berolahraga menandakan jumlah kalori yang terbakar?

Seorang pelatih pribadi dari Hong Kong mengatakan, jumlah keringat terkait dengan fisiologi kita dan iklim tempat kita berolahraga, bukan jumlah kalori yang kita bakar.

Laman South China Morning Post juga melaporkan, mengeluarkan banyak keringat saat berolahraga tidak menandakan apa pun, selain jumlah air dalam tubuh yang berkurang.

Keringat yang muncul saat olahraga bisa disebabkan karena kondisi cuaca yang panas, bukan menandakan jumlah kalori yang terbakar.

Menurut Nathan Solia, seorang pelatih pribadi dari Aberdeen, Skotlandia, berkeringat adalah cara tubuh kita untuk tetap tenang ketika suhu tubuh kita meningkat.

“Ketika tubuh mencapai suhu tertentu, kelenjar keringat kita menghasilkan keringat, cairan asin yang hampir seluruhnya terdiri dari air, dengan sejumlah kecil garam, gula, amonia dan urea."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Cairan ini dilepaskan melalui pori-pori dan mengendap di permukaan kulit. Karena kontak dengan udara, ia menguap."

"Penguapan ini adalah bagaimana kita mengatur suhu," paparnya.

Banyak orang yang melakukan olahraga terlalu keras hanya demi mengeluarkan jumlah keringat yang tinggi.

Kebanyakan dari mereka berpikir bahwa banyaknya jumlah keringat yang keluar juga menandakan jumlah kalori yang terbakar.

Halaman:


Sumber SCMP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.