Kompas.com - 31/03/2018, 11:14 WIB
. VIA THINKSTOCK.

KOMPAS.com - Di masa sekarang ini, telepon selular bisa dikatakan sebagai salah satu benda terpenting bagi banyak orang.

Saking tergantungnya, banyak orang yang hidup seolah tak bisa terlepas dari HP. Hampir setiap saat, jempol mereka menari-nari di atas layar ponsel.  

Celakanya, banyak orang pula yang tidak menyadarinya bahwa kebiasaan tersebut ternyata berpotensi menimbulkan cedera.

Angka cedera terkait aktivitas dalam menggunakan ponsel, seperti dilansir laman health.clevelandclinic.orgdisebut semakin meningkat.

Ahli bedah Ortopedi di Amerika Serikat, Peter J. Evans, MD, PhD mengaku kerap menemukan model cedera yang terkait dengan tingginya intensitas penggunaan ponsel. 

1. Cedera jempol

Dr Evans menyebut cedera jempol ini dengan istilah 'texting thumbs'. Jempol kita sebetulnya tidak terlalu cekatan untuk berpindah maupun dibengkokkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga aktivitas mengetik yang terlalu sering dan dilakukan dengan jempol berpotensi menimbulkan cedera pada otot dan tendon.

Menimbulkan peradangan yang menyebabkan pembengkakan, dan juga jempol kaku.

Ia menyarankan agar kita rajin mengubah gaya mengetik. Misalnya mengetik dengan telunjuk, menggunakan keyboard tambahan, atau beristirahat sejenak.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X