Kompas.com - 31/03/2018, 22:00 WIB
Ilustrasi Selingkuh AnchiyIlustrasi Selingkuh

KOMPAS.com - Tidak semua perselingkuhan sama.

Asisten Profesor di Texas Technology University, Dana Weiser, Ph.D bahkan menyebut kondisi ini sebagai area abu-abu (grey area).

Sebab, setiap individu yang diselingkuhi punya batasan masing-masing dan definisi hubungan romantis yang berbeda.

Misalnya, ada yang menganggap chatting rutin sudah sebagai bentuk selingkuh. Namun individu lainnya menganggap itu masih dalam batas wajar.

"Namun faktanya, jika sudah berhubungan fisik dan seksual dengan orang lain selain pasangan maka sudah dianggap bentuk ketidaksetiaan," ujar Weiser.

Baca juga: Hai Wanita, Jangan Sedih Kalau Kekasihmu Selingkuh...

Pakar hubungan Esther Perel, Ph.D dalam bukunya The State of Affairs: Rethinking Infidelity, pun mengungkapkan pandangannya.  

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut dia perselingkuhan setidaknya melibatkan tiga elemen, yaitu kerahasiaan, keterlibatan emosional, dan keterlibatan sosial.

Selingkuh pada dasarnya diartikan sebagai hal yang mengarah pada kelakuan tertentu dan menjadi bagian dari elemen ketidakjujuran.

Sikap ketidakjujuran ini cenderung unik.

Sejumlah pakar menjelaskan tentang perbedaan tipe-tipe selingkuh yang banyak ditemui. Berikt ini penjelasan yang dikutip dari artikel yang dilansir laman Women Health Mag. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X