Mandikan Sendiri Hewan Peliharaan untuk Perkuat Ikatan

Kompas.com - 02/04/2018, 11:05 WIB
Suasana salon hewan saat acara Indo Pets Expo 2017  di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong , Tangerang, Minggu (10/09/2017). Acara yang berlangsung selama 3 hari ini mengusung tema Promoting Responsible Care for Your Pets Welfare, berbagai macam hewan peliharaan dan perlengkapannya dijual di acara ini. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELISuasana salon hewan saat acara Indo Pets Expo 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Serpong , Tangerang, Minggu (10/09/2017). Acara yang berlangsung selama 3 hari ini mengusung tema Promoting Responsible Care for Your Pets Welfare, berbagai macam hewan peliharaan dan perlengkapannya dijual di acara ini.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memelihara hewan bukan hanya perlu mengurusi makanannya, tapi juga kebersihan, termasuk memandikannya secara rutin. Nah, kamu tipe mana, mandikan sendiri atau menyerahkan hewan peliharaan ke pet shop untuk dimandikan? 

Kalau memilih mandikan sendiri, kamu beruntung, kenapa? Ternyata, menurut dokter hewan Rio Aditya Setiawan, membersihkan sendiri hewan peliharaan akan memperkuat ikatan. 

“Sama persis kita punya anak dan memandikan sendiri anak kita,” kata Rio di Jakarta, Sabtu (31/3/2018).

Ikatan antara pemilik dan hewan peliharaan disebut akan semakin kuat dan bagus untuk keduanya. Dia kurang menyarankan membersihkan di pet shop karena alasan tertentu.

Beberapa risiko seperti kurang perawatan mungkin bisa terjadi pada pet shop yang tidak menerapkan standar baik.

Kendati demikian, jika memang harus ke pet shop, pastikan mencari yang terbuka soal perawatan. Mulai dari nama groomer hingga cara perawatan. 

“Kalau pun harga lebih tinggi, itu sesuai. Daripada di pet shop yang tak terjamin, dan dia stres,” kata Rio.

Nah, jika memang membersihkan sendiri, pastikan tidak terlalu sering. Minimal antara dua minggu atau satu bulan sekali, tergantung dari ukuran.

Pasalnya, terlalu sering akan membuat bulu atau rambut hewan peliharaan rusak. 

“Cukup 20 menit dengan sabun dan sampo khusus,” kata Rio.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X