Kompas.com - 03/04/2018, 20:45 WIB

KOMPAS.com - Wawancara kerja adalah momen penting yang acap kali membuat jantung berdegup kencang. Bahkan, karena terlalu gugup kita seringkali membuat kesalahan.

Saat berada di bawah tekanan kita memang sangat mudah membuat kesalahan tanpa menyadarinya. Tapi, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi hal ini.

Yang pasti harus kita lakukan adalah berpakaian yang rapi dan datang tepat waktu. Hanya dengan sedikit persiapan, ada banyak kecerobohan yang bisa kita hindari saat wawancara kerja.

Dilansir dari The Independent, Dale Williams yang berprofesi sebagai managing director spesialis rekrutmen dan Sinead Bunting yang berporfesi sebagai vice president marketing, mengungkapkan bahwa ada empat hal yang bisa kita lakukan untuk menghidari kesalahan saat wawancara kerja. Empat hal tersebut adalah sebagai berikut.

Baca :Yang Harus Kamu Hindari agar Sukses Wawancara Kerja

1. Jangan katakan bahwa sikap perfeksionis adalah kelemahan terbesarmu

Salah satu pertanyaan yang paling umum - dan ditakuti - saat wawancara adalah "apa kelemahan terbesar kalian". Para ahli menyarankan agar kita tak menyebutkan sikap perfeksionis sebagai kelemahan terbesar saat pertanyaan tersebut muncul.

Menurut Williams, ini karena calon atasan kita mencari seseorang yang jujur sehingga menjawab pertanyaan dengan pernyataan yang seolah-olah kalian adalah orang yang baik adalah sebuah hal yang justru dipandang negatif.

Sebaliknya, dia menyarankan untuk menjawab dengan kelemahan asli dan menjelaskan bagaimana kalian mengatasinya.

2. Jangan menjelekkan orang lain

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.