Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Macam Alergi Aneh, dari Ponsel hingga "Makeup"

Kompas.com - 06/04/2018, 10:06 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jutaan orang didiagnosa memiliki alergi terhadap debu dan makanan tertentu setiap tahunnya. Namun, ternyata ada banyak hal yang bisa menyebabkan alergi selain debu dan makanan. Meski akan terdengar aneh, namun alergi tersebut nyata.

1. Sperma

Philip Halverson, dokter spesialis alergi dan asma di Minneapolis Minnesota menganggap alergi sperma sangat tidak biasa namun bisa terjadi.

Gejalanya hanya terjadi secara terbatas di area-area yang terkena kontak. Maka oral seks, misalnya, bisa mengakibatkan iritasi di bagian mulut atau tenggorokan.

Selain itu bisa pula terbangun vaginitis atau peradagang di area vagina yang akan menimbulkan gatal atau perih.

2. Ponsel

Siapa sangka, elektronik bisa menjadi salah satu sumber alergi. Sebabnya adalah karena adanya metal pada komponen ponsel, seperti nikel atau kobalt, yang bisa menyebabkan ruam-ruam di bagian seperti telinga, tangan, dan pipi.

3. Olahraga

Exercise-Induced Anaphylaxis adalah jenis alergi yang sangat jarang dan sebetulnya dipicu oleh makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga.

Namun, berbeda dengan alergi pada umumnya, alergi ini baru bisa muncul jika penderitanya memulai olahraga fisik. Saat mereka melakukannya, gejala tersebut bermunculan.

"Olahraga bisa memanaskan tubuh dan sistem imun bereaksi terhadap protein yang dicerna dalam perut," ujar Richard Lavi, dokter pusat alergi, asma dan sinus di Twinsburg, Ohio.

Gandum utuh, seafood, seledri, dan keju adalah makanan yang bisa memicu alergi tersebut.

4. Pancake

Ya, pancake bisa menjadi salah satu hal yang menimbulkan alergi. Namun, sumber alerginya bukan hanya pancake sendiri, tetapi lebih pada kutu-kutu debu.

Dr Lavi menjelaskan, itu bisa terjadi saat pancake dicampurkan dan ada bahan bubuk lain (debu) lain yang memiliki kontak langsung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com