Kompas.com - 06/04/2018, 10:06 WIB
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Jutaan orang didiagnosa memiliki alergi terhadap debu dan makanan tertentu setiap tahunnya. Namun, ternyata ada banyak hal yang bisa menyebabkan alergi selain debu dan makanan. Meski akan terdengar aneh, namun alergi tersebut nyata.

1. Sperma

Philip Halverson, dokter spesialis alergi dan asma di Minneapolis Minnesota menganggap alergi sperma sangat tidak biasa namun bisa terjadi.

Gejalanya hanya terjadi secara terbatas di area-area yang terkena kontak. Maka oral seks, misalnya, bisa mengakibatkan iritasi di bagian mulut atau tenggorokan.

Selain itu bisa pula terbangun vaginitis atau peradagang di area vagina yang akan menimbulkan gatal atau perih.

2. Ponsel

Siapa sangka, elektronik bisa menjadi salah satu sumber alergi. Sebabnya adalah karena adanya metal pada komponen ponsel, seperti nikel atau kobalt, yang bisa menyebabkan ruam-ruam di bagian seperti telinga, tangan, dan pipi.

3. Olahraga

Exercise-Induced Anaphylaxis adalah jenis alergi yang sangat jarang dan sebetulnya dipicu oleh makanan yang dikonsumsi sebelum berolahraga.

Namun, berbeda dengan alergi pada umumnya, alergi ini baru bisa muncul jika penderitanya memulai olahraga fisik. Saat mereka melakukannya, gejala tersebut bermunculan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.