Kompas.com - 06/04/2018, 14:00 WIB
Ilustrasi pasangan TwilightShowIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Beda pendapat adalah bagian yang tidak mungkin dihindari, termasuk dalam hubungan. Sayangnya, hanya karena kita menganggap bahwa kita benar, bukan berarti orang lain merasakan hal yang sama.

Meskipun sulit menahan diri agar tak terlalu memaksakan sudut pandang kita, pertimbangkan taktik lain yang lebih efektif. Apalagi diskusi yang "panas" seringkali merugikan.

Ada beberapa metode tertentu yang memastikan kita agar bisa memenangkan perdebatan tanpa merusak hubungan. Metode ini cukup efektif karena kita tak perlu menutup telinga pada pendapat orang lain.

Baca :Berdebat Tak Selamanya Merusak Ikatan Asmara, Ikutilah 2 Tips Ini

1. Ketahuilah bahwa titik argumen adalah untuk lebih memahami sisi yang lain

Menurut konselor pernikahan, Marissa Nelson, tujuan dari perdebatan adalah untuk mengetahui kebutuhan satu sama lain, dan bukan hanya untuk melampiaskan rasa frustrasi kita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selama kita dan pasangan tidak saling membantah, perdebatan seringkali muncul karena tidak saling memahami. Namun alih-alih menyalahkan ketidakmampuan pasangan untuk mendengarkan apa yang kita katakan, fokuslah pada masalah yang sedang dihadapi.

Dan apa pun yang kamu lakukan, jangan menyerang karakter pasangan. Menurut Nelson, menyatakan pendapat jangan menjadi sebuah "pembunuhan karakter".

2. Ajukan pertanyaan untuk lebih memahami perspektif lain

Jay Sullivan, seorang penulis buku komunikasi, mengatakan bahwa mengajukan pertanyaan adalah cara yang sangat mudah untuk memenangkan perdebatan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.