Kompas.com - 06/04/2018, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Pada usia 30an kulit mulai menunjukkan perubahan. Bukan hanya kelembaban dan kekenyalannya berkurang, terkadang muncul juga jerawat berlebih dan tanda-tanda penuaan berupa kerutan.

Untuk menyamarkan tanda-tanda penuaan tersebut kita sudah tak lagi bisa menggunakan produk-produk andalan yang biasa dipakai di umur 20an.

Di usia 30-an, gunakan produk produk perawatan kulit yang mengandung glycolic acid atau asam glikolat. Tak cuma mencerahkan wajah, zat ini juga bisa membersihkan kulit.

Asam glikolat merupakan bahan pengelupasan wajah (exfoliant) pada kelompok alpha hydroxy acid (AHA) yang ditemukan di tanaman-tanaman alami seperti batang gula, tanaman umbi dan nanas.

Bahan ini memuliki molekul yang terkecil di antara kelompok asam, yang berarti bisa diserap lebih cepat oleh kulit.

Debra Jaliman, dokter dan asisten profesor dermatologi di The Icahn Echool of Medicine di Mount Sinai menjelaskan bahwa glycolic acid biasa digunakan untuk mengangkat sumbatan di pori-pori kulit dan perawatan jerawat karena sangat efektif mengangkat sel minyak dan kotoran.

Tak hanya pada produk exfoliator, asam glikolat juga bisa ditemukan pada produk anti-aging. Sebab bahan ini juga bisa membantu menyamarkan kulit yang kusam dan mencerahkan kulit.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa glycolic acid bisa meningkatkan produksi kolagen dan menebalkan lapisan terluar kulit. Membuat kulit menjadi lebih kenyal.

Aturan pemakaian

Jennifer MacGregor, dokter dari Union Square Laser Dermatology mengatakan bahwa produk asam glikolat yang digunakan bersama AHA bisa diaplikasikan pada pagi hari pada wajah yang bersih. Selanjutnya gunakan serum antioksidan dan tabir surya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.