Kompas.com - 06/04/2018, 17:00 WIB
Ilustrasi senyuman Minerva StudioIlustrasi senyuman

KOMPAS.com - Senyum bisa mengubah segala hal. Saat kita mendapatkan senyuman yang tulus dari seseorang, hari-hari kita bisa langsung menjadi lebih baik.

Yah, ini memang bukan hal yang mengherankan. Sebab, senyuman juga berkaitan dengan perasaan kita pada waktu tertentu. Begitu juga dengan senyuman orang lain.

Perasaan tertekan yang dialami seseorang juga bisa tercermin lewat senyuman mereka. Bahkan, amarah seseorang juga terlihat dari senyuman mereka.

Menurut Psychology Today, senyum asli dari seseorang bisa disebut dengan senyum "duchenne" atau senyum tiga jari.

Maksud senyum asli di sini adalah senyuman yang benar-benar menunjukkan hubungan nyata, dan hidup dengan menjadi bahagia, senang, atau merasa hangat.

Senyum Duchenne ini ditemukan oleh seorang pria Perancis yang mempelajari ekspresi wajah dan fisiologi mereka di abad ke-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senyuman tulus melibatkan kontraksi spontan dari dua otot yang berbeda di wajah kita. Ini adalah orbicularis oculi (pipi dan mata) dan mayor zygomatic (sudut mulut kita).

Kita dapat mengetahui apakah seseorang tersenyum tulus dengan memperhatikan kerutan di sekitar mata mereka.

Senyum tulus hanya bisa dilakukan jika kita menjalani kehidupan yang benar-benar bahagia.

Selain itu, seperti yang dikutip dari Elite Daily, penelitian pada tahun 2001 yang diterbitkan dalam the journal Personality Processes and Individual Differences, menunjukkan, senyuman dan ekspresi wajah secara umum dapat mengungkapkan banyak hal menarik.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.