Kompas.com - 07/04/2018, 21:49 WIB
Menyesuaikan busana dengan kacamata hitam kieferpixMenyesuaikan busana dengan kacamata hitam
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Meskipun wajah menggunakan tabir surya, bagian mata tentunya tetap tak terlindungi dari sinar ultraviolet.

Aktris Busy Philipps sempat berbagi lewat Instagramnya bahwa dirinya menghabiskan waktunya di rumah sakit dan tak bisa tidur karena mengalami sakit pada matanya pasca didiagnosa mengalami photokeratitis atau mata terbakar matahari.

Apa itu photokeratitis?

Jessica Lee, Optalmologis dan asiaten profesor Optamologi di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York nengatakan bahwa photokeratitis pada dasarnya adalah keadaan bagian depan mata yang terbakar matahari, tepatnya pada bagian kornea.

"Rasanya seperti terbakar matahari di kulit, photokeratitis memberikan sensasi sakit dan tidak nyaman yang sama pada mata," ujar Lee kepada Allure.

Sinar ultraviolet tak hanya bisa membakar kulit tapi juga bisa menyebabkan peradangan pada bagian mata jika terpapar, khususnya bagian kornea.

Direktur Kosmetik dan Penelitian Klinis Dermatologi di Mount Sinai Hospital New York, Joshua Zeichner menjelaskan, kondisi tersebut biasa terjadi karena paparan sinar matahari berlebih.

Kondisi yang menyebabkan matamu terbakar bukan hanya menatap langsung matahari. Efek yang sama bisa didapatkan dengan pantulan sinar matahari pada benda-benda, misalnya air atau gumpalan es.

Selain itu, tak hanya matahari yang harus kamu hindari. Cahaya halogen dan lampu fluorescent juga bisa memberikan pancaran sinar ultraviolet.

Secara teori, paparan sinar yang berlebih dari pencahayaan dalam ruangan juga bisa menyebabkan peradangan pada kornea, seperti kasus yang dialami Philipps.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber allure.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.