Waspadai, 7 Tanda Kamu Kencan dengan "Orang Narsis"

Kompas.com - 08/04/2018, 15:00 WIB
Ilustrasi pasangan JupiterimagesIlustrasi pasangan

KOMPAS.com - Pasanganmu suka menyombongkan diri dan tak bisa menerima kritik? Bisa jadi, kita memang sedang berkencan dengan seorang narsistik.

Berdasarkan riset yang diterbitkan dalam The Journal of Clinical Psychiatry, sekitar enam persen dari populasi di dunia mengalami kepribadian narsistik.

Kepribadian macam ini dalam istilah psikologi disebut Narsistic Personality Disorder (NPD).

Celakanya, jumlah pria yang mengalami NPD lebih banyak daripada wanita, yaitu sekitar 77 persen, sementara wanita hanya 4,8 persen.

Nah, kini telah teridentifikasi tanda-tanda peringatan yang menunjukan bahwa pasangan kita mungkin menderita kelainan ini.

Baca juga: Di Instagram, Orang Narsis Kerap "Follow" Orang Narsis Lain, Benarkah?

Hal itu dipetakan oleh Dr Gene Beresin, Direktur Eksekutif di The Clay Centre for Young Healthy Minds dari Massachusetts General Hospital, dan Dr Forrest Talley, psikolog klinis yang berbasis di California.

Seperti dikutip dari pemberitaan di laman The Independent, ada tujuh tanda yang meunjukkan kepribadian narsistik. Meski, diagnosa paling akurat memang hanya dapat dilakukan oleh dokter.

Berikut ini adalah tujuh tanda tersebut.

1. Suka membicarakan diri sendiri

Jika kita menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang sangat egois, percakapan malam kencan kemungkinan besar akan berkisar pada pencapaian, kesuksesan, dan minat dia melulu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X