Kompas.com - 08/04/2018, 19:00 WIB
Ilustrasi olahraga jacoblundIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Riset baru yang diterbitkan dalam JAMA Oncology menemukan, perempuan dengan kanker payudara yang memiliki lebih banyak massa otot memiliki peluang bertahan hidup yang lebih baik.

Laman ABCnews melaporkan, ketika orang-orang berada dalam kondisi kesehatan yang tidak baik, mereka dapat kehilangan banyak berat badan, dan sebagian besar penurunan berat badan tersebut disebabkan oleh penurunan massa otot.

Massa otot yang rendah -dalam istilah medis disebut sarcopenia, juga sering terjadi seiring dengan bertambahnya usia, dan tampaknya berkorelasi dengan hasil yang lebih buruk pada orang-orang yang sakit kronis, termasuk mereka yang menderita kanker.

Penelitian sebelumnya tentang kanker payudara dan massa otot telah dilakukan pada wanita penderita kanker tingkat lanjut.

Penelitian baru ini melibatkan wanita yang lebih muda dengan kanker payudara yang kurang parah, dan menemukan, bahkan di antara kelompok ini, jumlah otot yang lebih kecil dikaitkan dengan hasil yang lebih buruk.

Baca juga: Penyebab Otot Tak Terbentuk Walau Rajin Nge-Gym

Penelitian ini melibatkan 3.241 wanita dari Kaiser Permanente of Northern California dan Dana Farber Cancer Institute yang didiagnosis antara Januari tahun 2000 hingga Desember tahun 2013 dengan kanker payudara stadium II atau III.

Dalam riset tersebut peneliti menemukan bahwa massa otot yang lebih tinggi menandakan tingkat kelangsungan hidup yang lebih baik, terlepas dari usia wanita atau stadium kanker yang mereka alami.

Di sisi lain, massa otot yang lebih rendah juga dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih tinggi.

Dengan menggunakan CT scan peserta untuk melihat secara langsung bagaimana kanker mempengaruhi otot.

Periset merasa tidak yakin mengapa massa otot yang rendah terkait dengan kelangsungan hidup yang lebih rendah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber ABCNews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.