Kompas.com - 08/04/2018, 23:00 WIB
Keluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga. AFP PHOTO / Patrik STOLLARZKeluarga Duke of Cambridge (Pangeran William) dan keluarga tiba di Hamburg, Jerman, pada 21 Juli 2017. Istana Kensington mengumumkan bahwa Duchess of Cambridge (Kate Middleto) sedang mengandung anak ketiga.

KOMPAS.com - Garis untuk takhta kerajaan mungkin merupakan perjalanan panjang untuk Kate Middleton dan anak-anaknya.

Namun kini, posisi Putri Charlotte tidak akan terpengaruh dengan kedatangan bayi ketiga dari pasangan Pangeran William dan Kate Middleton.

Seperti yang telah diberitakan, perempuan berusia 36 tahun itu kabarnya akan melahirkan pada Mei 2018 mendatang.

Ini merupakan momen pertama kalinya dalam sejarah, di mana posisi wanita dalam anggota Kerajaan Inggris tidak akan berubah, jika pun adik Charlotte yang nanti dilahirkan adalah seorang pria.

Kesemptaan terjadi berkat The Succession to the Crown Act 2013 atau Undang-Undang Suksesi Mahkota 2013, yang mengatur urutan orang-orang yang memiliki hak dan memenuhi syarat sebagai pewaris takhta. 

Baca: Detil Rencana Persalinan Anak Ketiga Pangeran William

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laman InStyle melaporkan, UU tersebut disahkan ketika Kate Middelton mengandung Pangeran George.

Berkat pengesahan UU tersebut, urutan kelahiran menjadi penentu siapa yang akan memegang posisi sebagai raja atau ratu di Kerajaan Inggris, bukan jenis kelamin.

Oleh karena itu, bahkan jika nanti anak ketiga Pangeran William lelaki, ia baru bisa meraih mahkota raja setelah Putri Charlotte turun takhta.

UU ini juga sekaligus mengakhiri diskualifikasi orang yang menikahi penganut Katolik Roma dari garis suksesi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.